Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Mobil diakui tertua di dunia(2/3)

2-Hancock Omnibus

Hancock Omnibus dibangun Walter Hancock (Inggris) dan dianggap kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia. Bisa dikatakan, Cugnot Fardier penemu tersukses di dunia militer, dan Hancock Omnibus penemu kendaraan penumpang tersukses di dunia.

 

Dia sukses mengangkut penumpang antara London  dan Paddington. Sembilan buah gerbong yang dia bangun dapat mengangkut sekitar 4.000 penumpang antara 1832 dan 1834.

 

3-Grenville Steam Carriage

Pada 1875, Robert Neville Grenville dari Butleigh, Glastonbury, Somerset, Inggris mulai merancang kereta uapnya. Di era itu mayoritas mobil dibuat secara ‘handmade’ alias dibuat dengan tangan dan biaya operasionalnya pun terbilang mahal.

 

Kereta Grenvile lebih mirip lokomotif daripada mobil, tapi kapasitas penumpangnya terbatas, hanya muat 7 penumpang. Selain itu, salah satu penumpang memiliki tugas untuk ‘memberi makan’ mesin uap guna mempertahankan kecepatan. Bersambung……..; (Tony Irawan;  http://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/2017/05/19/5-mobil-tertua-di-dunia-401521)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close