Iptek dan Lingk. Hidup

Ingatan Kucing setara dengan manusia

Tempo.co, Kyoto-Ber-abad2 pencinta anjing dan penggemar kucing berselisih atas pertanyaan: hewan mana lebih cerdas? Kini peneliti di Jepang menuntaskan pertanyaan itu. Mereka buktikan, kucing sama baiknya dengan anjing melalui sejumlah uji memori. Kucing kecerdikannya sama dengan anjing.

Diketahui anjing dapat mengingat kembali peristiwa2 tidak langsung yang khusus, suatu kemampuan yang dikenal sebagai memori episodik (episodic memory). Penelitian pada 49 kucing rumahan menunjukkan hewan itu mampu mengingat mangkuk yang telah mereka makan dan mangkuk mana yang belum disentuh setelah jeda 15 menit.

 

Tes itu lebih lanjut menunjukkan bahwa kucing, seperti halnya anjing, mampu merespons gerakan manusia, ekspresi wajah, dan emosi. “Kucing boleh jadi sepintar anjing, berbeda dengan pandangan umum bahwa anjing jauh lebih pintar,” ujar Saho Takagi, psikolog Universitas Kyoto, kepada BBC.

“Sebuah spekulasi yang menarik bahwa kucing secara aktif memiliki ingatan tentang pengalaman mereka seperti manusia,” kata Takagi. Memori episodik dipandang terkait dengan fungsi introspektif pikiran. “Riset kami mungkin menyiratkan jenis kesadaran pada kucing.”

Para peneliti menyatakan bahwa kucing dapat mengingat untuk periode lebih lama dibanding dengan tes yang berdurasi singkat.

Saho Takagi mengatakan riset yang diterbitkan dalam jurnal Behavioural Processes itu memiliki penerapan dalam kehidupan praktis. “Memahami kucing lebih dalam membantu mengukuhkan hubungan yang lebih baik antara kucing dan manusia.”

Prof Laurie Santos dari Universitas Yale, AS, mengatakan percobaan dari Universitas Kyoto itu “membuka pintu” terhadap riset lanjutan perihal lama kucing dapat menahan ingatannya dan seberapa “kaya” kualitas ingatan pribadinya.

 

Tahun lalu, tim dari Hungaria menemukan anjing mampu mengingat ulang perbuatan majikannya, bahkan ketika mereka tidak secara khusus diperintahkan melakukannya. (Diedit dari BBC NEWS | HOTMA SIREGAR dan https://gaya.tempo.co/read/news/2017/01/28/108840619/penelitian-ingatan-pengalaman-kucing-sama-dengan-manusia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close