Aku cinta Indonesia

Jembatan Palmerah Pancasila kado HUT NTT

Merdeka.com-Konsorsium Belanda pastikan peletakan batu pertama pembangunan Jembatan Palmerah Pancasila, yang menghubungkan Pulau Flores dengan Adonara di Kab-Flores Timur, akan dilaksanakan pada 20/12/17. “Rencana groundbreaking Palmerah pada HUT NTT tanggal 20 Desember 2017,” ujar Jubir Tim Konsorsium Belanda Latif Gau dikutip Antara, Sabtu (24/6).

Dia menegaskan dubes Belanda telah bertemu dengan Gubernut NTT Frans Lebu Raya untuk membahas investasi jembatan Palmerah dan pembangunan pembangkit listrik tenaga arus laut di Selat Gonsalu, Kabupaten Flores Timur. “Pertemuan itu membahas rencana pembangunan Jembatan Palmerah ini dan sejauh ini tidak ada masalah,” katanya.

Menurut Latif, pelaksanaan proyek tersebut tertunda karena Pemerintah Indonesia belum selesaikan melaksanakan pra studi kelayakan atau feasibilities study (FS) yang sedang dilakukan PT Bunana Archikom dan Detail Engineering Study (DED).

Dia memperkirakan, pra-FS maupun DED itu akan selesai pada Oktober 2017, sehingga peletakan batu pertama bisa dilaksanakan pada 20 Desember 2017, sesuai dengan permintaan Gubernur NTT. “Pak Gubernur minta proyek ini sebagai hadiah ulang tahun NTT dan kami menghargai itu,” tegasnya.

Latif menambahkan proyek Tidal Bridge Larantuka ini, pihaknya sudah membuat pra-FS dan sudah beberapa kali mengunjungi lokasi.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengatakan, perusahaan Tidal Bridge dari Belanda meminta pemerintah Indonesia untuk segera menyiapkan FS dan DED. DED itu, katanya, akan menjadi dasar bagi Tidal Bridge untuk melakukan investasi membangun jembatan dan turbin sepanjang 800 meter itu.

“Mereka bahkan mendesak segera selesaikan FS dan DED. Karena itu menjadi dasar bagi mereka untuk membangun jembatan Pancasila,” kata Frans Lebu. (Sau; Saugy Riyandi; https://www.merdeka.com/uang/proyek-jembatan-palmerah-pancasila-jadi-kado-ulang-tahun-ntt.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close