Selingan

Lagi Tradisi unik sambut Lebaran(c/c)

5-Meriam Karbit di Pontianak

Konon meriam karbit dulu ditembakan untuk mengusir kuntilanak, namun demikian kini meriam karbit berubah jadi festival yang ditunggu tiap Lebaran. Festival tersebut biasa diadakan di tepian Sungai Kapuas dan sudah menjadi ajang perlombaan oleh masyarakat setempat.

 

Meriam yang mengikuti lomba harus dihias. Penilaian lomba berdasarkan bunyi meriam yang dihasilkan. Lomba diikuti oleh kelompok dan dinilai kekompakan bunyi yang dikeluarkan meriam. Untuk membuat meriam karbit dibutuhkan Rp 15-30 juta.

 

Meriam ini terbuat dari pohon kelapa atau kayu durian. Jadinya sebuah meriam yang panjang dengan silinder yang lebar. Tak lupa rotan digunakan sebagai pengikat meriam.

 

6-Binarundak di Sulawesi Utara

Makan nasi jaha beramai-ramai dilakukan oleh masyarakat di Motoboi Besar. Bersama-sama mereka membuat nasi jaha yang terbuat dari beras ketan, santan, dan jahe yang kemudian dimasukan bambu berlapis daun pisang, dan dibakar dengan sabut kelapa.

 

Aktivitas membakar bambu tersebut dilakukan di jalan atau lapangan, selesai dibakar seluruh masyarakat makan bersama sambil bersilaturahmi.

 

7-Membakar ilo sanggari di Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Tradisi ini membakar lentera di sekeliling rumah. Lentera terbuat dari bambu dan dililit minyak biji jarak. Penduduk percaya dengan menyalakan lentera, malaikat dan roh leluhur datang dan memberi berkah di hari Idul Fitri.

 

Namun sayang tradisi ini semakin langka karena penggunaan lampu listrik.

(http://banjarmasin.tribunnews.com/2016/07/06/delapantradisi-unik-sambut-lebaran)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close