Iptek dan Lingk. Hidup

McAfee akan menghabisi Google

Jakarta, CNN Indonesia-Google sebagai raksasa perusahaan internet dengan jenis layanan bervariasi tak membuat semua orang senang. John McAfee, pencipta perangkat lunak antivirus McAfee, menyiapkan satu program menghalangi sistem kerja Google.

Mengutip laporan, McAfee tak suka anggapan Google sebagai perusahaan yang bersih dari tindak kriminal. Ia percaya jagonya mesin pencari itu punya dosa besar yang tersembunyi. McAfee menilai cara kerja Google ‘tak bermartabat’ karena tak menghargai arti privasi bagi individu.

 

“Tapi kalau kalian percaya Google tak berbahaya, kalian harus yakin bahwa kehilangan privasi dan martabat manusia tidak berbahaya,” ucap McAfee dalam video di YouTube. Ia berpendapat Google sebagai korporasi kehilangan hati nuraninya. Semua yang dilakukan Google dilatarbelakangi uang belaka.

Hal itu ia makin rasakan ketika mengingat Google mengusung jargon “don’t be evil” di lingkungan kerjanya. Dalam wawancaranya kepada RT, McAfee tak menjelaskan dasar tuduhannya. Ia hanya mengekspresikan bahwa perusahaan yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page itu mengancam masyarakat global.

Namun ketidaksukaan pria 71 tahun itu kepada Google tak menghentikannya memuji buah karya mereka dalam membuka akses informasi seluas-luasnya ke umat manusia. “Dari satu sudut pandang, saya menyukai Google karena mereka membuka pintu informasi melebihi bayangan kita,” ucapnya.

 

Membuat Aplikasi pembunuh Google
Sebagai bentuk tanggung jawab, McAfee berjanji membuat perangkat lunak mutakhir yang bisa menghalangi kerja Google dalam memetakan data penggunanya. Ia menyebut program itu bernama Sentinel. Sentinel direncanakan sebagai perangkat anti-peretasan pertama di dunia. Anehnya, McAfee menyebut Sentinel diciptakan untuk melindugi jaringan intranet korporasi dari serangan siber.

Obsesi McAfee ‘menyerang’ Google dengan Sentinel akhirnya berujung antiklimaks. Dalam proses pengujian, McAfee mendapati perangkat itu masih rentan serangan siber. Kendati demikian, McAfee tetap teguh dengan pendiriannya. Ia berikrar bakal mengerahkan seluruh kekuatannya untuk melawan Google.

“Kalau tak ada yang berubah saya akan melakukan segalanya untuk memastikan keberatan dunia terhadap Google tersampaikan dengan baik,” pungkasnya. (tyo; Bintoro Agung; https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170719084352-185-228793/sumpah-mcafee-untuk-bunuh-google/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close