Iptek dan Lingk. Hidup

Melupakan Ponsel sejenak

Tempo.co, Jakarta-Tiada hari, dan tiada detik, tanpa Ponsel. Itu manusia zaman modern, yang sepertinya tak bisa hidup tanpa alat komunikasi ini. Mereka rela ketinggalan dompet daripada ponsel. Begitu keranjingannya pada ponsel, bahkan tidur pun sepertinya tak bisa lepas dari ponsel.

 

Ada hal-hal biasa, bahkan sepele, yang bisa membuat kita melupakan ponsel, bahkan tak berkeinginan menyentuhnya meski terus berbunyi sebagai tanda ada pesan yang masuk. Apa saja hal-hal yang bisa membuat kita lupa pada ponsel? Berikut ini beberapa di antaranya versi India Times.
1-Main Fidget spinners
Permainan yang sedang mengetren ini bisa membuat kita melupakan ponsel. Kita terlalu sibuk dengan permainan berbentuk kecil itu sehingga tak ada waktu untuk menengok ponsel.

 

2-Makan huenak

Tangan sibuk mencomot atau menyuap kue cokelat, es krim, dan makanan lezat lain hingga tak sempat pegang ponsel dan konsentrasi tertuju pada nikmatnya makanan sehingga malas memikirkan hal lain. Di Indonesia, orang malas memegang ponsel bila makan pecel lele atau ayam dengan tangan yang penuh sambal.
3-Menikmati segelas teh
Menikmati suasana sore yang cerah di ambang jendela atau di teras dengan pemandangan yang menyenangkan, dengan secangkir teh di tangan, juga akan membuat kita malas melirik ponsel.

 

4-Menikmati lagu kesukaan
Menikmati lagu kesukaan sambil berjoget-joget atau sekadar ikut berdendang juga membuat kita sejenak melupakan ponsel.

 

5-Bepergian jauh
Berkendara dengan jarak yang cukup jauh juga salah satu cara untuk melupakan ponsel, apalagi bila bepergian dengan teman-teman yang membuat perjalanan riuh dengan obrolan dan canda tawa.

 

6-Berolah raga
Tak ada orang yang sibuk melihat ponsel saat sedang berenang, bermain sepak bola, bulu tangkis, tenis, basket, voli, atau bersepeda.
7-Memasak
Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan dan kesibukan di dapur ini bisa membuat kita tak sempat menjamah ponsel.
8-Menonton acara kesukaan
Banyak orang yang tak ingin terganggu ketika menyaksikan acara, serial, atau film favorit di televisi, terutama saat menonton film yang butuh konsentrasi untuk mengerti jalan ceritanya.
9-Mandi
Hanya orang-orang kurang pekerjaan yang mandi sambil memantau ponsel.

 

10-Membaca
Sayangnya, jumlah orang yang gemar membaca semakin berkurang. Indonesia bahkan masuk negara dengan minat baca terendah di dunia. Padahal membaca bisa menyenangkan dan baik dijadikan kebiasaan.
11-Bercengkeramaa dengan keluarga
Banyak orang yang malas bercengkerama dengan keluarga karena terlalu sibuk dengan ponselnya. Buat orang-orang ini, ponsel lebih penting daripada keakraban dengan keluarga. Padahal mengobrol dengan ortu, pasangan, anak, atau anggota keluarga lain bisa mengalirkan suasana akrab serta membuat kita lupa kepenatan se-hari2. (PIPIT; https://cantik.tempo.co/read/news/2017/07/04/330888645/11-jurus-melupakan-ponsel-meski-sebentar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close