Wisata dan Kuliner

Mencicipi keunikan Kuliner di Yogya (4/4)

9-Rumah makan Lombok ijo abang Bu Murni yang tradisional

Warung sederhana ini berlokasi di Jl. Pakem Turi no 1 dan selalu dipadati mobil berplat dalam/luar kota. Jika kangen masakan ala desa, rumah makan ini jadi alternatif. Disini kita temukan nasi merah, sayur lombok ijo, belut lombok ijo, oseng lombok ijo, sayur daun pepaya.

 

Ragam lauk pauk mulai dari wader goreng, ati ampela, empal goreng, ayam kampung goreng juga ada. Menu minuman ala desa, kita bisa pesan wedang uwuh / teh poci gula batu. Rumah makan ini areanya yang luas hingga mampu menampung 100an orang. Dijamin bisa jadi tempat pas untuk santap siang.

 

10-Angkringan Bento tempat Nasi kucing (Neko)

Kata Joko Pinurbo, Jogja terdiri dari pulang, angkringan, dan rindu. Karena tiap melintasi ruas jalanan Jogja pasti bisa lihat dan menemui banyak angkringan yang dipenuhi muda/i sedang asik nongkrong dan bercengkerama. Selaain makan di angkringan umumnya, cobalah menjajal angkringan Bento.

 

Angkringan berkonsep budaya Jepang ini benar-benar unik. Dengan dekorasi khas Jepang dan makanan ala Jepang, anda bisa tetep makan enak walaupun dompet tipis. Gak heran kalau angkringan ini juga selalu ramai saban harinya.

 

Warung angkringan ini di Jl. Prof. Dr. Sardjito, Yogya atau gang selatan Apotek UGM. Kalau di angkringan biasa kita menemui nasi bungkus bervariasi rasa nasi bandeng, nasi oseng, dan bihun, maka disini kita bisa pilih nasi bento ayam atau bento sapi. Nasinya disajikan dengan mangkuk kecil dan ditaburi daging cincang giling yang dibumbui.

 

Sebagai ganti lauk / gorengan di angkringan Bento kita bisa menemukan ekado isi telur, nugget, fishrolade, ebifurai isi udang, katsu atau ayam, kroket, dan chicken roll. Rasa Jepang tapi bungkus Jawa deh.

 

 

11-Kuliner ringan rasa Soto Sapi Bu Cip Tamansari

Puas menikmati beragam kuliner, kini menetralkan lidah dengan hidangan yang ringan dan nyaman di perut. Apalagi kalau bukan soto? Di Jogja, soto dekat dengan kehidupan se-hari2 warganya. Nasi dicampur kecambah dan kubis dan disiram kuah kaldu ini sering jadi menu andalan untuk sarapan.

 

Ada warung soto andalan yang sebaiknya dikunjungi jika ke Jogja, letak tepatnya di sebelah barat Jembatan Taman Sari. Warung Soto Daging Sapi Bu Cip ini cukup terkenal, anda tinggal menyebutkan nama dan daerahnya saja ke supir becak atau taksi yang mengantarkannya. Sebagian besar pasti tahu.

 

Di Warung Bu Cip anda bisa ditemukan soto daging sapi berkuah bening segar dan nyaman di perut. Kalau kata orang luar negeri, Soto Bu Cip ini seperti comfort food-bisa menenangkan perut yang sudah begah karena terlalu banyak diisi makanan aneh.

 

Sembari mencampur kuah soto dengan tetesan jeruk, sambal, dan kecap anda juga bisa memesan bagian daging sapi lain sebagai makanan pelengkap. Soto legendaris ini amat laris, jika kesiangan sedikit dipastikan anda akan kehabisan. Untuk menikmati soto Bu Cip anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 9 ribu rupiah untuk soto pisah dan 8 ribu rupiah untuk soto campur.

 

Nyaman di perut, nyaman pula di kantung. Jadi, sudah siapkah andaberburu kuliner di kota pelajar? Tamat………;  (Pinka Wima; http://www.hipwee.com/travel/11-ragam-kuliner-unik-yang-wajib-anda-jajal-saat-bertandang-ke-jogja/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close