Kesehatan

Persoalan gigi dan mulut memungkinkan jadi Psoriasis

Jakarta-Penyakit punya faktor pencetus sendiri2, termasuk pada penyakit psoriasis. Faktor pencetusnya bisa berasal dari masalah mulut dan gigi. Menurut drg Rio Suwandi dari Klinik Prodia, penyakit psoriasis bisa muncul / makin parah karena masalah mulut-gigi. Ada 4 masalah mulut dan gigi yang bisa mencetuskan psoriasis.

“Ini hal simpel tapi bisa buat fokal infeksi. Fokal infeksi itu infeksi yang terjadi di suatu daerah namun bisa merembet ke badan dan menimbulkan psoriasis,” tutur drg Rio. “Pertama Caries yaitu kondisi di gigi berlubang karena demineralisasi. Gigi kan bahannya 98% dari mineral dan 2% air. Jadi dari yang keras nanti jadi lembek”.

Itu dikatakan drg Rio dalam Seminar Peringatan Hari Psoriasis Sedunia ‘Mengejar Mimpi’ oleh Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (YPPI) dan Prodia di Prodia Tower, Jl Kramat Raya, Jaktim (19/11/16). Masalah berikutnya adalah periapical lesion.

“Periapical lesion itu masalah di jaringan gigi bagian akar. Hal ini terjadi kalau caries di dalam gigi ada saluran akar yang memiliki saraf dan pembuluh darah nanti gigi bisa mati dan menyebabkan rasa sakit karena ada gas yang membuat gigi menekan tulang rahang” imbuh drg Rio.

Lalu, masalah gigi yang ketiga adalah calculus yaitu karang gigi yang awalnya dental plak yang terbuat dari air liur dan mikroorganisme lalu mengeras dan jadi karang gigi. Calculus ini masalah yang serius karena dapat menghancurkan tulang gigi.

Masalah gigi terakhir yang menimbulkan psoriasis : Periodontitis gigi yaitu gigi mengalami malposisi atau posisi yang salah sehingga gigi tidak berfungsi normal. Gigi yang biasa mengalami periodontitis adalah gigi bungsu, gigi impaksi atau gingsul, dan gigi premoral atau gigi keempat setelah taring.

“Gigi yang salah posisinya ini bisa menyenggol gelondongan saraf yang berisi saraf dan pembuluh darah, ini sensitif kalau kesenggol menyebabkan rasa sakit dan jadi fokal infeksi. Jadi kita harus aware sama fokal infeksi ya,” imbuh drg Rio. (up/up; Puti Aini Yasmin; https://health.detik.com/read/2016/11/21/070501/3349986/763/berbagai-masalah-gigi-dan-mulut-yang-bisa-jadi-pencetus-psoriasis)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close