Psikologi

Tidak memaksakan diri

Jadi sosok tangguh dan kuat, harapan banyak orang. Anda akan berupaya keras untuk selalu kuat menghadapi tantangan2 hidup. Bahkan masalah2 terberat yang mungkin muncul tiap saat. Tahan banting dan siap menghadapai berbagai tantangan, mungkin itulah gambaran yang tepat.

 

Ada orang2 berkepribadian seperti itu. Mereka bisa mengatasi hal2 sulit. Tak suka mengeluh dan selalu punya solusi untuk tiap masalah yang dihadapi. Semua terasa mudah baginya, sebab mereka punya motivasi tinggi dan rasa percaya diri yang mumpuni. Apakah mereka tak pernah “jatuh” dan terpuruk?

 

Anda bukan Robot

Hidup tidak selalu mudah, bahkan untuk Anda yang punya kepribadian tangguh-kuat. Akan selalu ada masa Anda lelah dan merasa tidak mampu menghadapi masalah2, terutama jika persoalan itu datang ber-tubi2. Anda tidak akan mengalami fase yang sama di hidup ini, sebab waktu dan kebutuhan  membawa kita ke masa2 dan juga kondisi berbeda.

 

Itulah hidup sesungguhnya. Hidup yang berwarna dan memiliki banyak misteri yang belum tersingkap di depan mata. Untuk menjalani hidup ini, sebesar apapun persiapan yang Anda miliki tak pernah cukup, meski Anda menempa mental baja di dalam diri. Selalu ada waktu Anda merasa lemah dan terpuruk, dan itu sesuatu hal yang sangat wajar, sebab Anda ini manusia, bukan?

 

Tidak perlu merasa berdosa atau sedemikian bersalah ketika harus menjadi sosok yang sedikit lemah, atau berbeda dari yang biasanya Anda tunjukkan. Semua orang juga pernah merasakan hal yang sama, bukan hanya Anda saja tentunya.

 

Jangan paksa untuk menjadi sosok sempurna di mata semua orang, sebab ini  melelahkan dan membuat anda muak dengan diri sendiri. Anda tidak harus jadi kuat tiap saat, di mana pada satu titik hal tersebut mungkin saja menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit atau bahkan mustahil untuk dilakukan.

 

Jangan paksa dan berhenti di saat yang tepat

Ketika dihadapkan masalah atau titik tertentu yang berat di hidup kita, maka akan tepat jika Anda berhenti dan diam sejenak. Jangan mamaksa, terutama jika kondisi sangat tidak memungkinkan untuk sebuah tindakan apapun juga. Hal ini hanya memperburuk keadaan dan menimbulkan sejumlah masalah baru di masa yang akan datang.

 

Hidup tidak selalu berjalan mulus dan mudah, bahkan bagi mereka yang telah dipenuhi segudang pengalaman sekalipun. Terimalah bahwa sesekali Anda bisa juga gagal, tertunda, atau bahkan berada ada titik terendah sekalipun.

 

Dalam kondisi seperti ini, berhenti dan tidak memaksakan diri adalah sebuah pilihan yang sangat bijak. Berikan maaf pada dirimu sendiri dan jangan selalu menyalahkan diri atas hal ini, sebab itu tidak akan memperbaiki apapun juga.

 

Jika Anda memiliki keberanian untuk menerima kenyataan dan juga kegagalan, maka Anda juga akan memiliki sebuah keberanian yang besar untuk menghadapi masa depan dan juga tantangan yang akan datang. (Si Polos; http://www.sipolos.com/jangan-memaksa/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close