Islam

Uniknya Masjid di Danau maninjau Sumbar

detikTravel  Community-Sumbar memang mempesona. Di Danau Maninjau yang cantik terdapat masjid indah yang rugi lho jika dilewatkan, Masjid Raya Bayur. Di depan D-Maninjau terdapat bangunan yang berarsiterktur indah. Ber-atap seperti pagoda, bangunan ini Masjid Raya Bayur.

Masjid Raya Bayur adalah masjid tua yang berdiri dari awal abad 19. Tapi telah dilakukan renovasi total pada awal tahun 2000 oleh masyarakat setempat dengan dukungan dana dari para perantau Nagari Bayur di berbagai daerah dan negara.

Rupa Masjid Raya Bayur sangat berbeda dengan masjid tua yang ada di seberang dari Masjid Raya Bayur. Selain arsitektur yang indah, masjid ini juga memberikan nuansa nyaman dan sejuk yang terdapat di dalam halaman Masjid.

Di sini terdapat banyak pepohonan rindang yang mengelilingi sekitar halaman Masjid Raya Bayur. Belum lagi dengan penataan lansekap yang sangat bagus dan tidak asal-asalan. Mencerminkan sebuah bangunan yang enak dipandang dan nyaman sebagai tempat persinggahan untuk melaksanakan ibadah saat traveling.

Di bagian belakang masjid, terdapat tempat wudhu dan kolam ikan yang memisahkan tempat wudhu pria dan wanita. Selain itu juga terdapat kolam ikan yang bisa menjadi pemandangan tersendiri bagi para traveler.

Sedangkan di bagian depan masjid terdapat kolam air mancur yang jelas membuat suasana di kawasan wisata ini benar-benar menarik dan juga nyaman untuk dikunjungi. Sembari beristirahat atau menunggu waktu sholat, para traveler dapat bersantai di dekat kolam air mancur yang sangat menarik.

Dari halaman Masjid Raya Bayur, kita dapat pula saksikan perkampungan masyarakat Nagari Bayur serta sebuah Rumah Gadang yang menarik.

Jadi jika traveling ke Danau Maninjau, jangan lupa mampir sejenak dan bisa sekalian melaksanakan salat bagi treveler Muslim.

Mersa Gamal; https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3538149/masjid-unik-di-tepi-danau-maninjau-sumatera-barat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close