TELKOMGrup dan SEKAR

Fiber Optic seratus prosen di Sukabumi

Jakarta (Indotelko)-Telkom memberi layanan berbasis 100% fiber optik di Sukabumi yang menjadikannya  kota pertama Telkom Modern City di Indonesia. Ini dilaksanakan di T-Cloud Sukabumi, sekaligus menonaktifkan STO  (Sentral Telepon Otomat) Sukabumi dan 59 STO lain di Indonesia, menandai perubahan sistem jaringan jadi serat optik.

 

Peluncuran Kota Sukabumi Sebagai Telkom Modern City pertama ini dilakukan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin dan Walikota Sukabumi M.  Muraz. “Proses pendirian modern city ini butuh waktu 3  tahun. Telkom mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemlot Sukabumi sehingga Modern city pertama di Indonesia ini terwujud,” kata Zulhelfi.

 

Telkom dan Pemkot Sukabumi bertekad sama2 menjaga estetika kota melalui  pembenahan jaringan dan memberi layanan komunikasi digital lebih baik dan modern. Zulhelfi Abidin memaparkan Telkom Modern City bertujuan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan masyarakat umum.

 

“Tujuan Program ini agar pelanggan menikmati layanan lebih baik karena mutu layanan fiber optik menghadirkan performa jauh lebih mumpuni ke tahapan layanan Information and Communication Technology (ICT) yang terintegrasi atau Internet of Things (Home Security, Office Security, dan aplikasi lain yang mendukung implementasi smart city ),” ujar Zulhelfi Abidin.

 

Kehadiran jajaran Pemkot Sukabumi pada pelucuran Telkom Modern City ini sejalan dengan komitmen Perusahaan mendukung program smart city. Saat ini Kota Sukabumi menjalani pendampingan dari Kemenkominfo mengimplementasikan konsep smart city.

 

Kota Sukabumi saat ini di peringkat 8 dari 25 kota pilot project smart city dalam kesiapan infrastruktur.  Peran Telkom (Witel Sukabumi) dalam penerapan smart city Kota Sukabumi diimplentasikan melalui dukungan penyediaan jaringan internet untuk seluruh SKPD di Kota Sukabumi sehingga SKPD2 saat ini telah memiliki aplikasi masing2.

 

Telkom juga mendukung tak kurang dari 15 puskesmas di Kota Sukabumi dengan aplikasi E-Puskesmas beserta jaringan internetnya. Dukungan ini dimaksud meningkatkan pelayanan kesehatan di Sukabumi. Masyarakat dapat menikmati layanan pemantauan CCTV Online milik Dishub Sukabumi. Telkom berperan menyediakan jaringan dan server-nya.

 

Kontribusi Telkom ke masyarakat Sukabumi diimplementasikan berbentuk penyediaan Wifi Corner agar masyarakat mudah mengakses internet dan melakukan kegiatan2 positif. Titik akses Wifi Corner di halaman Masjid Agung Sukabumi.  Juga Alun2 Digital hasil kerjasama Telkom dan Pemkot Sukabumi dalam menyediakan titik akses internet bagi publik.

 

Keberadaan modern city memungkinkan digital life style langsung dinikmati masyarakat bahkan dari rumah. Demam IOT (Internet of Things) mendorong Telkom memberi layanan berkualitas sehingga dari dalam rumah pun produktivitas dan kreativitas tetap dapat dimaksimalkan.

 

Sektor UKM/Industri lain di Sukabumi dapat menikmati layanan digital ini menggenjot produktivitas. “Karena tekno berbasis fiber optik ini mampu menyediakan bandwidth lebih besar dan meminimalisir resiko gangguan. Hal ini terbukti menurunnya keluhan pelanggan di Sukabumi 94%/hari” terang Zulhelfi.

 

Pelayanan maksimal dari pemerintah dibarengi dengan produktivitas sektor usaha dan kemudahan pembelajaran bagi masyarakat dari Internet akan menjadi kunci yang menentukan kualitas masyarakat Kota Sukabumi untuk bersaing di dunia luar nantinya.

 

Keberadaan infrastruktur yang lebih mumpuni ini diharapkan mampu dimanfaatkan banyak pihak untuk memajukan perekonomian di Sukabumi. Implementasi modern city semakin nyata dengan kualitas layanan yang makin baik. Akhirnya pelayanan Pemkot Sukabumi kepada masyarakat akan lebih baik. (ak; http://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkom-fiber-optik-sukabumi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close