Psikologi

Kebiasaan Ortu berakibat perilaku anak tidak baik(7/17)

13-Mudah menyerah dan pasrah

Tiap manusia berwatak beda2, ada yang lembut dan ada yang keras. Dominan flegmatis ciri anak yang dimiliki sebagian ortu kurang tegas, mudah menyerah, takut salah dan cenderung mengalah, pasrah. Konflik ini terjadi bila seorang flegmatis, punya anak yang berwatak keras.

 

Ortu yang tak tegas dan mudah menyerah, anak justru keras dan lebih tegas. Akibatnya di banyak hal, anak lebih dominan dan mengatur ortu. Akibatnya, ortu sulit mengendalikan anaknya dan cenderung pasrah. Penulis sering dengar ucapan ortu yang Dominan Flegmatis “Duh, anak saya keras betul. Saya nggak sanggup mengaturnya.” Atau “Biar saja apa maunya, saya nggak sanggup mendidiknya.”.

 

Belajarlah dan berusaha keras untuk menjadi lebih tegas dalam mengambil keputusan, tingkatkan watak keteguhan hati dan pantang menyerah. Jika perlu ambil orang2 yang kita anggap tegas untuk jadi penasihat harian kita.

 

14-Marah berlebihan

Kita sering menyamakan mendidik dan memarahi. Perlu selalu diingat, memarahi itu salah satu cara mendidik terburuk. Saat memarahi anak, kita tidak sedang mendidiknya, tapi melampiaskan tumpukan kekesalan kita karena kita tidak bisa mengatasi masalah. Marah sering berupa upaya melemparkan kesalahan pada pihak lain dan biasanya yang lebih lemah, kalo ama yang lebih kuat ya takut.

 

Jadi Jangan pernah bicara saat marah. Tahanlah dengan nyaman untuk kita lakukan seperti masuk kamar mandi atau pergi menghindar agar amarah mereda. Bicaralah “tegas” bukan bicara “keras”. Bicara tegas dengan nada datar, serius, menatap wajah dan matanya dalam2. Bicara tegas itu saat pikiran kita rasional, sedang bicara keras itu saat kita emosi.

 

Satu contoh kurang baik, saat marah biasanya kita emosi dan melakukan hal2 yang kelak kita sesali. Biasanya kita menyesal dan berusaha memperbaiki dengan memberi dispensasi/membolehkan hal2 yang kita larang. Bila ini berulang kali, maka anak kita berusaha memancing amarah, yang ujung2nya anak menikmati hasilnya. Anak yang sering dimarahi cenderung tidak jadi lebih baik. Bersambung…….; Tjokroaminoto360; (https://tjokroaminoto360.wordpress.com/2010/08/29/37-kebiasaan-orang-tua-yang-menghasilkan-perilaku-buruk-pada-anak/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close