Psikologi

Bermenung-Berbuat baikpun tidak selalu mudah

Beberapa waktu lalu Pak Sabar ingin berbuat baik ke sesama. Perbuatan baik ini sifatnya universal. Dari rumah berangkat bersemangat. Sesampai di tujuan oleh “panitia” ditanya ini dan itu, “panitia” itu menolak dengan mengatakan Pak Sabar tidak memenuhi syarat.

 

Setelah dijelaskan begini dan begitu oleh Pak Sabar, akhirnya Pak Sabar boleh mengikuti proses berbuat baik itu. Jadi hampir saja Pak Sabar gagal berbuat baik. Demikianlah, kadang orang mau berbuat baik belum tentu kita bisa ikut. Anda mungkin juga pernah mengalaminya.

 

Misalnya mau menolong orang dengan memberi beras, eh panitia maunya selimut saja, katanya beras sudah banyak. Mau menolong orang dengan mengirim uang atau barang, eh, tidak tahu alamatnya. Begitu seterusnya. Orang kaya sekalipun belum tentu selalu memenuhi syarat berbuat baik.

Maka, seyogyanyalah kalau kita diterima (berhasil) berbuat baik, banyak2lah bersyukur. Selain itu, kalau masih mampu dan ada kesempatan berbuat baik, berbuat baiklah se-banyak2nya sesuai kemampuan . (Widharto KS-2017; dari grup FB-ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close