Aku cinta Indonesia

KA semicepat Jakarta-Surabaya pakai jalur lama

Jakarta-Menhub Budi Karya Sumadi gelar rapat tertutup dengan Wapres JK mengatakan pembangunan KA semicepat Jakarta-Surabaya diputuskan pakai. Info sebelumnya dikatakan menggunakan jalur baru.

“Arahan Wapres, tentang KA semicepat Jkt-Sby, pakai jalur existing” kata Budi di kantor Wapres (6/9).

 

“(Jalur existing) Agar pembangunannya bisa cepat. Stasiunnya tidak pindah2. Kedua, menyelesaikan 500-800 perlintasan sebidang. Artinya, bermanfaat pada banyak kota tidak macet dan membuat daerah lebih aman. Itu amanat UU untuk meningkatkan keselamatan,” jelasnya.

 

Itu menekan anggaran, kalau dulu Rp 80T. Ini mungkin lebih murah karena Men-PUPR Basuki punya cara menggunakan flyover. Mungkin (ditekan) Rp 50T”. Budi memastikan KA semicepat berteknologi diesel, bukan listrik seperti pernah dikatakan Menko Kemaritiman, Luhut BP.

 

“Tinggal menyelesaikan anggaran perlintasan sebidang. Kalau begini saya sama Pak Basuki sudah punya anggaran sendiri untuk buat perlintasan sebidang. Jadi percepatan ini natural“. Pembangunan perlintasan sebidang, menyesuaikan daerah yang dilalui. Pasti pakai tekno murah, seperti jembatan Antapani di Bandung.

 

“Dengan eksisting rel, membuat rel bisa 150 km/jam. Kalau kini 90 km/jam, karena perlitasan2 sebidang. Ada 500-800 perlintasan sebidang”. Sebelumnya Direktur LLA dan KA Kemhub Zulmafendi mengungkap berdasar kajian bersama BPPT opsi pembangunan KA semi cepat Jkt-Sby akan pakai jalur baru.

 

“Ada dua opsi lintasan baru. Keduanya memanfaatkan lahan di sekitar rel KA yang ada dan tol sehingga pembebasan lahan minimal. Titik mula dari Jakarta di Stasiun Manggarai”. Dia sebut. Sarana lintasan baru itu bersumber tenaga listrik. Semula, dipertimbangkan KA diesel. Zulmafendi menyebutkan, dengan sumber tenaga listrik itu, maka yang dioperasikan armada baru

 

“Membangun baru, investasinya beda dengan pakai rel yang ada. Nanti KAnya beda dengan saat ini dan baru. Kami minimalkan perlintasan sebidang. (Novi Setuningsih/ PCN; Sumber: Suara Pembaruan)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.beritasatu.com/ekonomi/451146-kereta-semicepat-jakartasurbaya-diputuskan-pakai-jalur-lama.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close