Psikologi

Kebiasaan Ortu berakibat perilaku anak tidak baik(16/17)

32-Mengejek

Ortu biasa menggoda anak, sering tak sadar anak kesal. Ketika anak mohon  tak menggodanya, kita makin senang berhasil membuatnya kesal/malu. Ketidaksukaan anak pada kita yang sering terjadi anak, tidak menghargai kita lagi.

 

Karena dia anggap kita seperti teman2nya yang suka menggodanya. Jika ingin bercanda, pilihlan materi canda yang tak membuatnya malu / merendahkan dirinya.

 

33-Menyindir

Saking marahnya ortu kadang ber-kata2 singkat pedas (menyindir): “Tumben hari gini pulang”, atau “Sering2 aja pulang malem” atau”Kamu pikir Mama/Papa ini satpam penjaga pintu tiap malam?”. Ini tak membuat anak sadar laku buruknya tapi ia makin men-jadi2 dan menjaga jarak dengan kita.

 

Jika kita sakiti, membuat dia tidak ingin berkomunikasi dengan kita. Jadi katakan apa yang kita inginkan dengan kalimat tidak menyinggung perasaan, memojokkan atau menyakiti hatinya. Katakan “Sayang, Papa/Mama khawatir keselamatanmu, kalo  pulang terlalu malam”. Dst.

 

34-Memberi julukan yang buruk

Kebiasaan menjuluki buruk pada anak berakibat rasa rendah diri, tak percaya diri / minder, benci dan melawan. Ada anak ingin membuktikan kehebatan julukan atau gelar itu pada ortunya. Ganti julukan dengan yang baik, seperti : Anak baik, anak hebat, anak bijak. Atau panggil nama kesukaannya. Bersambung…….; Tjokroaminoto360);

 

Anda ingin lebih detail, berikut sumbernya : (https://tjokroaminoto360.wordpress.com/2010/08/29/37-kebiasaan-orang-tua-yang-menghasilkan-perilaku-buruk-pada-anak/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close