Iptek dan Lingk. Hidup

Nissan Leaf-2018 dengan satu pedal

Tempo.co, Jakarta- Nissan Leaf  resmi diperkenalkan. Mengutip laporan The Verge, (Rabu waktu WIB, 6/9/2017, Nissan merombak total desain mobil listrik yang bersaing dengan Chevrolet Bolt dan Tesla Model 3 ini. Nissan berbaterai 40 kWh New Leaf mampu  menempuh jarak 150 miles (241,4 km).

 

Pengujian di bawah Environmental Protection Agency (EPA) dan 400 km berdasar pengujian Japanese JC08. Jarak tempuh ini meningkat dibanding model sebelumnya yang menggunakan baterai 30 kWh dengan jarak tempuh 107 miles (172,2 km).
Kemampuan Leaf terbaru ini belum sebanding dengan Bolt dan Tesla Model 3 yang berdaya jelajah 383 km dan 350 km. Nissan berencana meningkatkan Leaf terbaru yang lebih bertenaga dan memiliki daya jelajah lebih jauh lagi di tahun mendatang.

 

Menariknya, Nissan Leaf terbaru dikemudikan dengan satu pedal. Nissan menyebutnya e-Pedal dan dideskrepsikan sesuatu yang revolusioner. e-Pedal berfungsi menghidupkan mobil, berakselerasi, deselerasi, dan berhenti. Pelepasan pedal ini memanfaatkan gesekan dan rem regeneratif yang membuat mobil berhenti total bahkan pada tanjakan curam.
Nissan Leaf terbaru ini model pertama Nissan yang mengadopsi ProPilot autonomous drivign technology untuk garis pembatas tunggal di jalan tol. Model ini mengaplikasikan ProPilot yang mengambil alih kemudi saat parkir.

 

Nissan Leaf itu mengadopsi desain yang familiar pada keluarga Nissan, yakni boomerang-shaped dan grill berlogo V besar di bagian muka. Grill berkelir biru dan molding yang juga berwarna biru menguatkan Nissan Leaf sebagai mobil listrik.

 

Di bagian interior, Nissan mempertahankan desain konservatif : Desain mobil berbahan bakar bensin pada umumnya, hanya lampu indikator warna biru di meter cluster menguatkan bahwa mobil itu adalah mobil listrik. Pada dashboard, terdapat LCD layar sentuh 7 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay.

Di AS, mobil ini dipasarkan mulai harga US$ 29.990 sebelum insentif. Harga ini lebih murah dibanding Chevrolet Bolt EV dan Tesla Model 3 yang dipasarkan US$38.000 dan US$ 42.200 (baterai berkapasitas kecil) dan US$57.700 (baterai berkapasitas lebih besar).  Nissan kabarnya bakal segera meluncurkan resmi Nissan Leaf di Tokyo, Jepang, dan Las Vegas, AS. (THE VERGE | LA TIMES | WAWAN PRIYANTO)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://gooto.com/read/906510/mobil-listrik-nissan-leaf-terbaru-muncul-tanpa-pedal-rem.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close