Iptek dan Lingk. Hidup

Mengusir Tikus Yang Bersarang Di Plafond

(jakarta; Cuplikan dari CNBC Indonesia)-Tikus yang bersarang di plafon rumah adalah masalah yang mungkin tampak sepele, Berbahaya karena tikus bisa mendatangkan penyakit. Tapi tenang, berikut cara mengusir tikus tersebut.

Tikus bisa merusak barang barang di rumah. Mereka mengasah giginya dengan menggerogoti barang diantaranya kabel yang bisa menyebabkan korsleting. Juga kerap menimbulkan kerusakan lain misal : Pertanian, perkebunan, permukiman, hingga kesehatan.

Jenis Tikus

Ada 3 jenis tikus yang mampu beradaptasi dengan lingkungan manusia. Berikut penjelasan :

1-Tikus Got

Hidup di dalam tanah di seluruh gedung, sistem saluran pembuangan, dan di luar ruangan. Tikus ini berjalan dengan bantalan kaki dan permukaan yang dilaluinya meninggalkan noda dari bulu berminyak. Sukanya : Suka sereal, daging-dagingan, dan susu. Spesies ini tidak makan di lokasi yang sama berturut-turut. Ini membuat mereka lebih sulit ditangkap.

Ciri-ciri tikus got:

Tubuh lebih besar, Ekor lebih pendek dari panjang kepala dan tubuh; Warna pucat di bawah ekor, Telinga kecil dan berbulu dan Hidung tumpul

2-Toikus Atap

Habitatnya di bangunan dan bisa bersarang di pohon (Di negara yang hangat). Lincah, pandai mendaki, dan tukus ini berjalan dengan jari-jari kaki serta noda terpisah di  permukaan yang dilaluinya. Mereka cenderung cari makanan di tempat yang sama sehingga mudah ditangkap.

Ciri-ciri tikus atap :

Langsing, Telinga tipis dan besar, Hidung mancung dan Ekor lebih panjang dari kepala dan tubuh

3-Tikus rumah

Biasanya hidup di tanah dan bersarang di liang, gesit dan bisa memanjat. Punya jejak kaki lebih kecil dibanding tikus atap, kebiasaannya makan di tempat yang sama. Tikus ini lebih menyukai sereal dan makanan berbahan dasar tepung atau gandum, seperti roti. Mereka tidak minum, tapi bakal minum 3 ml air jika tersedia.

Ciri-ciri tikus rumah :

Umumnya berukuran 3-10 cm

Ekornya lebih panjang dari tikus atap, dan tidak melebihi tikus got. Berwarna coklat muda atau abu-abu dan warna perut lebih terang. Telinganya lebih besardari tikus atap. Kaki dan kepala tikus rumah (dewasa) lebih kecil dibanding tikus atap; Gesit dan pandai memanjat

Kenapa Tikus tiba tiba tiba di rumah

Ada 3 faktor penyebab hewan  ini bisa bersarang di rumah. Penting diketahui agar Anda bisa mengusirnya dengan cara tepat. Berikut penjelasannya:

a-Ada sumber makanan

Tiga jenis itu suka makanan Anda. Kumis tikus mendeteksi sumber makanan. Dan makanan membuat tikus bebas mengonsumsi yang ditemukan di lemari/laci. Ia memilih mengkonsumsi makanan berjumlah sedikit. Tujuannya memberi variasi pada makanan yang dikonsumsi.

a-Sumber air

Tikus juga butuh air 15-30 ml air tiap hari. Walau ia hanya mengkonsumsi makanan kering Dan tetap hidup di habitat kering. Tikus bisa hidup tanpa minum dengan mengandalkan asupan makanan. Ia butuh sedikit air jika menemukan makanan lembab dan basah di rumah Anda.

c-Ada tempat berlindung

Tikus cari tempat berlindung/tempat tinggal dengan anaknya di rumah Anda. Hewan ini gesit dan banyak akal untuk berlindung memanfaatkan bahan yang ada, seperti puing-puing di plafon.

Cara mengusirnya

Ada beberapa langkah mudah mengusir tikus yang bersarang di plafon rumah:

1-Tutup lubang dan celah

Cari celah tikus masuk. Periksa saluran air, celah ventilasi, dan di luar rumah yang berpotensi dilewati tikus. Tutup celah dengan jebakan seperti, wol kawat, pelat logam, semen, atau plester dan periksa secara berkala.

2-Bersihkan seluruh isi rumah

Hewan ini suka area sempit dan gelap. Bersihkan seluruh ruangan (yang penuh barang). Buang sampah ditempat tertutup dan pipa saluran pembuangan terawat dengan baik.

3-Letakkan bawang Bombay atau  bawang Merah

Bawang bombay dan bawang Merah bisa untuk mengusir tikus di plafon. Tikus keok dengan bau-bau menyengat seperti bawang. Kupas dan iris dan simpan di tempat yang diduga sarang tikus. Ganti secara berkala setelah bawang membusuk.

4-Lada hitam

Lada hitam mengandung piperin beracun untuk tikus, membuatnya tak nyaman, menyebabkan iritasi pada saluran hidungnya. Giling kasar lada dan tebarkan di area persinggahan hewan  ini dan fungsinya bisa diganti lada biasa.

5-Manfaatkan Adonan Soda Kue

Soda kue berbahaya bagi tikus. Jika dikonsumsi, muncul reaksi gas pada lambung. Karena tikus tidak bisa buang angin, gas itu menyebabkan tekanan internal dan membunuh tikus.

Sebelum membuat adonan soda kue untuk tikus, pakai sarung tangan agar tidak menyentuh bahan kimia. Masukkan secangkir soda kue pada wadah dan gula atau coklat secangkir untuk menarik perhatian tikus. Aduk rata dan adonan pun jadi, silakan simpan di sarang tikus.

6-Ampas Teh

Ampas (kantung teh) bisa mengusir tikus di plafon rumah. Ampas teh merusak pernapasan tikus saat menghirup atau memakannya. Letakkan ampas teh di tempat persembunyian tikus.

7-Kulit Durian

Jika makan durian, kulitnya bisa untuk mengusir tikus di plafon. Potong kulit durian dan simpan di tempat favorit tikus. Wangi dan duri tajamnya membuat tikus takut dan pergi dari rumah Anda.

8-Semprot minyak Kayu putih

Aroma kuat minyak putih mampu mengusir tikus. Semprotkan minyak kayu putih di sarang tikus. Gunakan minyak kayu putih konsentrasi 5% agar tikus lebih cepat minggat.

9-Semprfot cairan pemutih

Cairan pemutih bisa  untuk mengusir tikus. Encerkan pemutih dan air agar tidak menimbulkan bau menyengat dan semprotkan di area tempat tinggal tikus. Sekaligus jadi desinfektan untuk membersihkan area kotoran, urin, dan darah tikus.

10-Bedak Bayi

Bedak bayi bisa mengusir tikus. Bubuk halus pada pedak mampu mengganggu fungsi tubuh tikus ketika dikonsumsi. Taburkan bedak bayi di tempat rawan tikus dan biarkan semalaman.

11-Gunakan Perangkap Tikus

Paling jitu, pakai perangkap tikus. Anda bisa pilih perangkap tanpa membunuh, lalu letakkan umpan makanan untuk memikat perhatian tikus.

Artikel aslinya dapat Anda ikuti melalui : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220909132819-33-370748/cara-mengusir-tikus-yang-bersarang-di-plafon-rumah (Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close