Psikologi

Perlu dipahami juga bagi para orang tua

(Nasehat Tere)-Adik2 remaja, jika ber-cita2 jadi PNS, biar besok2 terjamin sampai tua, maka itu cita2 generasi luama, ortu kita, SMA angkatan 70-80 masih begitu. Jika kalian ber-cita2 jadi karyawan BUMN, biar gaji bagus, pensiun ada dan besar, itu juga generasi paman2, tante2 kita dulu, SMA angkatan 90-an, itu cita-citanya.

 

Jika kalian ber-cita2 jadi karyawan multi nasional company, perusahaan swasta besar, biar bisa tugas di LN, tunjangan dollar, itu juga cita2 kakak2 kita dulu, yang SMA angkatan 2000-an.

Kalian generasi berbeda. Kalian yang SMP, SMA, atau kuliah di tahun 2010 ke atas. Seharusnya tidak ber-cita2 begitu. Kalian warga negara dunia, tersambung seluruh sudut dunia. Apa cita2 kalian? Jadilah pekerja kreatif, wiraswasta, profesi pekerjaan bebas, dan pekerjaan2 menakjubkan lainnya.

 

Kalian menonton film2 : Iron Man, Avengers, Minion, maka besok2 giliran film kalian ditonton orang. Kalian jadi konsumen Burger King, KFC, dll, besok2 orang lain jadi konsumen franchise milik kalian. Hari ini kalian pakai baju buatan orang lain, besok2 giliran orang lain yg pakai baju kalian. Hari ini kalian berobat ke RS, besok2 giliran orang berobat di klinik bersistem dan cara berbeda milik kalian.

Itulah dunia kalian. Masa depan. Jangan mau jadi pengikut, follower, tapi berdiri di depan, giliran orang lain yang ikut dan mendengarkan trend yg kita buat. Maka saat itu tiba, kita bisa bilang: Merdeka.

Ayolah, lupakan kerja jadi PNS, karyawan BUMN, atau karyawan swasta, masuk pagi, pulang malam. 30-40 tahun bekerja, pensiun. Itu banyak orang lakukan, masa’ kita ikut jalan serupa, saatnya kalian jalan beda. Jangan takut gagal, takut tak punya pekerjaan, menganggur, dll, dll. Selama kita sungguh2, tahan banting, kita bisa jadi yang terbaik di bidang yg kita geluti.

Setinggi apapun jabatan kalian, jika PNS, karyawan BUMN, karyawan swasta, maka sejatinya suruhan orang lain. Punya atasan, dan hidup kita laksana siklus dari bulan ke bulan, gajian ke gajian. Asyik duduk di belakang meja, lamat2 menatap medsos, komen ini, komen itu, dsb.

 

Tapi tetap saja begitu2 hidup kita. Tidak, adik2, hidup kalian bisa lebih berwarna. Kalian bisa jadi apa saja. Jangan buat sempit cita2, mimpi2 kalian. Generasi kalian harusnya tidak terikat waktu, tidak korupsi waktu, sebaliknya, kalian bebas dan fleksibel menentukan jam kerja sendiri.

Yakinlah, besok lusa, karya kalian menaklukkan kota2 jauh, bahkan negara2 jauh. Besok lusa, profesi kalian punya reputasi hingga pulau2 seberang, benua2 luar. Kalian bukan generasi yang naik pesawat saja mahal dan susah. Atau mau berkirim kabar harus memakai telegram dan pager.

 

Sambutlah masa depan yang gemilang. Jadilah pekerja kreatif, wiraswasta, profesi2 penuh passion dan suka-cita. Itu panggilan generasi kalian. Dan saat kalian bisa menggapainya, kalian bisa berteriak sekencang mungkin: Merdeka! Karena hidup kalian merdeka.

Mulailah, cari hobi dan aktivitas bermanfaat. Tekuni. Besok2 kalian jadi master bidang itu. Maka kita tak lagi bicara besok pagi2 berangkat kerja, sore2 pulang nanti macet, aduh, besok Senin lagi, tapi bicara: besok saya akan menginspirasi siapa, nanti sore saya akan mengubah apa, dan besok Senin saya akan meluncurkan karya apa lagi.

 

(Muchtar AF; dari grup WA-VN; sumber By Tere)-FR

Monggo lengkapnya klik aja :  (Liyehttps://gabutpedia.com/2017/10/12/tamparan-keras-tereliye-untuk-generasi-millenials-bermanfaat/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close