Opini dan sukses bisnis

Usaha sambal Roa Kartini meraup 25Jt

Manado, Kompas.com-Kartini Igirisa, pengusaha home industry mampu raih pendapatan hingga Rp 25Jt / bulan dengan memproduksi sambal roa. Kartini generasi kedua (next gen) dari ayah yang sebelumnya memproduksi ikan cakalang asap.

 

“Saat itu, SDM (sumber daya manusia) kurang, banyak ikan terbuang percuma. Saya belajar mengolah ikan jadi produk unggulan” kata Kartini, bercerita saat tim #ExploreJNE Manado, di Sindulang Tumiting, Sulut (28/9/17). Kegigihan dan kerja keras, memulai UKM berkonsep home industry tahun 2008.

 

Dia produksi olahan ikan roa dan cakalang, seperti sambal roa dan abon cakalang. Dibantu 3 karyawan, Kartini menitipkan ke toko oleh2 di Manado dan via online. Seperti FB, Instagram, Tokopedia, Bukalapak, dan Go-Food. Kartini juga punya pelanggan tetap dari Surabaya, Bali, Gorontalo, dan Makassar.

 

Tiap bulan, mereka pesan produk Kartini dan dijual di supermarket. “Kalau penjualan online mulai tahun ini dan pemesanan dari Go-Food tiap hari  ada. Tertinggi pemesanan dari Go-Food sampai Rp 500.000,” kata Ibu satu anak itu. Tiap bulan menghabiskan 250 kg ikan cakalang dan 100 jepit atau 40 kg ikan roa.

 

Berkembangnya usahaini membuat pemda melirik peluang usahanya. Disdag, Dinas Perikanan, dan Dispar Manado membantu fasilitas penunjang: Motor dan mesin pengolah. Tahun 2008, produk sambal roa dan abon cakalang diberi nama “Kartini” itu terdaftar sebagai Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT).

 

Tahun 2017, produknya bersertifikasi halal MUI. “Tiap tahun, 3-4x saya ikut pameran, di Indonesia. Pemesanan dari toko oleh2 di Manado, satu toko pesan Rp 8-10 juta sekali pesan,” kata Kartini. Dia  terkendala ketika cuaca tidak bagus. Itu menyebabkan pasokan ikan cakalang dan roa jadi terhambat.

 

Harga ikan yang dibelinya jadi lebih mahal. Namun, tak membuat dirinya menaikkan harga. Kartini menjual produk itu dengan range Rp 25.000-60.000. “Kami kerja sama dengan JNE untuk pengiriman, UKM dapat diskon khusus, saya bisa irit 20%. (Kurnia Aziza; Aprillia Ika)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/28/180000826/usaha-sambal-roa-kartini-raup-rp-25-juta-tiap-bulan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close