Iptek dan Lingk. Hidup

Android jadi sasaran Malware

Liputan6.com, California-Android itu sistem operasi yang terbanyak digunakan. Hingga kini, adopsi sistem operasi robot hijau itu mampu menyentuh lebih dari 2 miliar pengguna. Tahukah anda Android makin rentan terancam serangan Malware?

 

Berdasar laporan Nokia Threat Intelligence Report, Android merupakan sistem operasi yang paling banyak jadi target malware di sepanjang 2017. Dilansir Ubergizmo (17/11/17), tingkat ancaman Malware untuk Android sebesar 68,50%. Sistem operasi lain tak sebanyak Android. Sistem operasi kedua terbanyak rentan terkena malware adalah Windows, dengan 27,96%.

 

Sisanya (iOS dan sistem operasi lain seperit Linux, Unix, Mac) cuma 3,54%. Menurut Nokia, Android lebih mudah terkena malware karena aplikasinya bisa diunduh dari situs pihak ketiga, bukan dari Google Play Store. Situs pihak ke-3 tidak full aman, apalagi tak punya standar keamanan Google yang diterapkan di Play Store seperti Google Play Protect.

 

“Alasan utama Android jadi target karena aplikasinya bisa diunduh dari mana2, bukan dari Play Store. Ini dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab menyelipkan malware yang merugikan penggunanya,” tulis Nokia.

 

Malware diciptakan menyerang sistem operasi Android bukan pertama kali. Dilaporkan ada malware Judy menyerang 36,5 juta perangkat Android. Ada 41 aplikasi buatan Korea Selatan “Kiniwini” yang diterbitkan Enistudio Corp. Aplikasi itu menginfeksi jutaan perangkat Android dan mendulang keuntungan dari klik palsu pada iklan. (Jek/Cas; Jeko IR)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://tekno.liputan6.com/read/3166302/studi-android-jadi-sasaran-empuk-serangan-malware?medium=Headline&campaign=Headline_related_click_1)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close