Iptek dan Lingk. Hidup

Bis berbahan bakar Kopi yang ramah lingkungan di London

Merdeka.com-Pemerintah London melalui moda transportasinya berkegiatan ramah lingkungan. Meski belum mengubah armadanya ke kendaraan listrik, mereka menerapkan bahan bakar bio atau biofuel untuk bahan bakar. Komposisinya? Ampas kopi.

 

Melansir Mashable, limbah kopi ditangani perusahaan teknologi bernama Bio-Bean, bekerja sama dengan perusahaan minyak raksasa Shell, untuk mengubah jadi biofuel. Ini mengandung minyak kopi dari sisa2 penikmat kopi di London. Limbah ini menghasilkan 20% campuran bahan bakar akhir, gabungan diesel tradisional yang dipakai sebagai bahan bakar bus.

 

Menurut Bio-Bean, rata2 orang London minum 2,3 cangkir kopi/hari. Angka ini membuat ada lebih dari 200.000 ton limbah kopi tiap tahun. Jika limbah ini dimanfaatkan, penyelamatan lingkungan yang signifikan akan terjadi. Bus ini bisa berjalan dengan bahan bakar kopi itu tanpa perlu modifikasi.

 

Sejauh ini, biofuel kopi ini diproduksi 6.000 liter dan bisa menjalankan aramada bus setahun penuh jika dicampur dengan diesel. Bio-Bean  adalah startup teknologi berbasis di London, yang memenangkan penghargaan inovasi dari Shell di tahun 2013 silam. (IdC; Indra Cahya)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/teknologi/berbahan-bakar-kopi-armada-bus-di-london-ini-jadi-kendaraan-umum-ramah-lingkungan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close