Iptek dan Lingk. Hidup

Lagi lubang resapan biopori

Setiap kali didaerah / kawasan yang lebih rendah dari halaman sekitar rumah saya banjir, saya berandai andai mungkinkah halaman rumah saya dan umumnya perumahan di komplek atau perkampungan padat, berkontribusi menjadikan atau menambah parahnya banjir itu karena halaman kita tidak mampu menyerap air hujan yang turun. Kalau begitu lubang biopori adalah salah satu solusinya agar kita tidak makin berdosa.

 

Biopori adalah lubang resapan air yang bertujuan mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Kita perlu membuat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter sekitar 10 cm dengan kedalaman 100 cm.

Solusi biopori ini pertama kalinya dicetuskan seorang dosen di Fakultas Pertanian IPB, Kamir Raziudin Brata. Menurutnya, biopori adalah rumahnya makhluk hidup di dalam tanah yang biasanya diciptakan fauna tanah dan akar tanaman.

Manusia kerap melupakan keanekaragaman hayati di dalam tanah. Makhluk hidup di dalam tanahlah yang seharusnya membuat terowongan di dalam tanah. Sehingga, air yang jatuh ke permukaan tanah bisa langsung meresap dan mengalir di dalam tanah, bukan di permukaan tanah yang akhirnya menjadi aliran banjir.

“Teknologi secanggih apapun tak mungkin bisa masuk membuat lubang ke segala jenis tanah. Makanya, di dalam tanah harus ada saluran agar air bisa masuk cepat ke dalam tanah. Caranya, dengan membuat resapan biopori,” kata Kamir.

Jika kita ingin memperoleh manfaat keanekaragaman hayati di dalam tanah, maka kita harus mencukupi kebutuhan makhluk hidup di dalam tanah, yaitu air, udara, dan makanan. Saat ini, kata Kamir, permukaan tanah sudah tak didominasi hutan lagi, melainkan beralih fungsi kegunaan lain. Khususnya kompleks perumahan, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Pembuatan lubang biopori mendorong air yang tadinya sukar meresap melalui permukaan tanah umum menjadi mengarah ke lubang biopori. Di lubang itu, air akan tersaring cepat, sehingga kelembaban dalam tanah tetap terjaga dan bisa menjadi solusi untuk banjir serta kekeringan.

Salam konservasi! (ArizkaMufida; http://www.republika.co.id/berita/komunitas/himakova/13/04/16/mlc3gq-mengenal-lebih-dekat-biopori-yuk)

 

Catatan : Tidak ada salahnya sambil mendorong pengurus PP yag berupaya dan berjuang tentang keadilan MP, marilah kita ikut berperan agar banjir dibelahan sekitar kita sedikit berkurang denan cara menyediakan resapan biopori di halaman atau sekitar dalam Rukun Warga (RW) masing2. Semoga (FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close