Wisata dan Kuliner

Belanja baju dan Jajan Bakso-Pempek di Setasiun Tanah Abang

Anda boleh penasaran dengan Tanah Abang. Karena itu saya sajikan kutipan dari food.detik.com berikut ini : Nyaris 24 jam kawasan Tanah Abang tak pernah sepi, juga stasiun KA. Pegawai dan pedagang berlalu-lalang menikmati jajanan enak stasiun ini. Stasiun Tanah Abang di jalan Jatibaru, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakpus.

 

Stasiun ini diresmikan (1910) oleh perusahaan KA swasta Hindia Belanda bernama Batavia Oosterspoorweg (BOS). Stasiun transit besar ini di timur Kanal Banjir Barat dan di selatan Jembatan Layang Kalibaru. Hampir sama dengan Stasiun Jakarta Kota, Tanah Abang jadi tempat pemberangkatan awal KA lokal tujuan Rangkas Bitung-Merak.

 

Berlokasi di dekat kawasan Pasar Tanah Abang, stasiun 2 lantai ini tak pernah sepi. Yang berkunjung untuk berbelanja baju grosiran-eceran ini menggunakan KA karena lebih murah-cepat. Di lantai atas ada gerai Roti O dan Roti Salman yang ramai jadi jajanan yang menunggu KA. Gerai ini di dekat loket tiket.

Jika sepulang kerja atau berbelanja perut lapar, Anda bisa mampir ke warung di seberang stasiun atau jajan gerobakan di pasar hingga stasiun. Dari pantauan detikFood (28/02), di pagi-sore bisa menikmati semangkuk Soto Betawi, Soto Babat, Bakso, Mie Ayam, Masakan Padang hingga Soto Ayam Lamongan.

Disepanjang jalan sisi kanan dan kiri luar stasiun ada gorengan, rujak, kue jajanan pasar, cilok, pedagang buah, ketoprak, pempek, batagor hingga siomay. Rata2 harga jajanan mulai Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Makanan berat rata2 dijual mulai  Rp 12.000 hingga Rp 25.000.

 

Saat kami amati jajanan di sekitar stasiun Tanah Abang sore hari, pedagang yang berjualan di dekat tangga pintu masuk mulai ditertibkan Satpol PP dan seketika pedagang minuman hingga gorengan di dekat pintu masuk stasiun sepi.

Tapi pedagang yang memiliki lapak tanah resmi di seberang stasiun bisa jualan hingga malam. Jadi  mampirlah ke stasiun sambil mencicip makanan enak mengenyangkan. ((lus/odi; Luciana Mustinda)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://food.detik.com/info-kuliner/d-3154040/sambil-belanja-baju-bisa-mampir-jajan-bakso-dan-pempek-di-stasiun-tanah-abang?_ga=2.46837095.1707717911.1509614289-779714952.1504977395)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close