Kesehatan

Makanan bergizi untuk cucu Anda tidak selalu mahal

Apakah teman2 Pensiunan dan cucunya telah mengonsumsi cukup gizi? Saya tidak tahu. Tapi apakah ada hubungannya dengan jumlah kunjungan harian Ke Poliklinik Yakes, mungkin saja. Berikut ikuti saja sajian cuplikan dari  1health.id bertalian dengan hal2 itu :

 

Selama 1000 hari pertama kehidupan anak, ortu harus memberikan asupan gizi yang sehat demi mendukung tumbuh kembang anak. Asupan gizi yang sehat harus mengandung semua komposisi gizi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin. Orang dewasapun asupan gizinya juga harus yang cukup

 

Makin bervariasi makanan yang diberikan pada anak, makin lengkap asupan zat gizi yang didapatnya. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil, sebab 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak anak berada di di kandungan. Terkadang ibu kebingungan dalam memberikan makan pada anak, salah satu alasannya karena bahan makanan yang bergizi biasanya mahal.

 

Padahal, makanan bergizi tak harus mahal. “Anda tak harus menyediakan daging tiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein. Sebab sumber protein bisa diganti dengan ikan, ayam, tahu, tempe, dan telur” ujar dr. Mustarim, M.Med, SpA(K) dari Siloam Hospitals Jambi.

 

Untuk memenuhi kebutuhan gizi lain Anda bisa menambah sayur dan buah tinggi serat, vitamin dan mineral. Selain itu, Anda perlu memerhatikan asupan lemak pada anak. “Otak terdiri dari 80% lemak, sehingga asupan lemak sangat dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang otak,” jelas dr. Mustarim.

 

Perkenalkan juga pada mereka pada makanan bersantan, makanan yang diolah menggunakan minyak zaitun dsb. Kreasi ibu dalam mengolah bahan makanan yang tak mahal menjadi makanan yang terkesan mahal memang perlu selalu diasah, sehingga anak pun tidak merasa bosan.

 

Untuk bayi yang baru lahir hingga 6 bulan, ASI tetap jadi makanan terbaik untuk anak, hingga ia berusia (2). Memasuki usia 6 bulan, berikan MPASI (makanan pendamping ASI) dengan menyajikan makanan  bervariasi dan diberikan bersamaan dengan ASI. Untuk calon ibu, ibu hamil dan ibu menyusui perlu juga menerapkan pola makan seimbang dan bergizi.

 

Selain asupan gizi, anak juga perlu diberikan stimulasi mendukung tumbuh kembanganya. Caranya dengan belajar sambil bermain, karena dunia anak itu dunia bermain. Dengan berbagai cara belajar sambil bermain akan memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anak.

Konsultasi: dr. Mustarim, M.Med, SpA(K) dari Siloam Hospitals Jambi (Bebby Sekarsari)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/makanan-bergizi-tak-harus-mahal.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close