Kesehatan

Kenapa dianjurkan minum air putih ketika bangun tidur

Jakarta-Mungkin Anda pernah dengar anjuran minum air putih sesaat setelah bangun tidur. Apa makna di balik anjuran ini ya? Angela Lemond, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menuturkan dirinya pernah mendengar anjuran untuk minum dua gelas air putih sesaat setelah bangun tidur.

 

Konon minum air putih saat perut kosong bisa membantu dapat sistem pencernaan lebih baik. Menurutnya belum ada studi yang membenarkan, tapi menurut ‘biochemical sense’, Ini bisa jadi ada manfaatnya.

 

“Tubuh kita cukup kering ketika kita bangun di pagi hari. Sehingga minum beberapa gelas air bisa membuat tubuh kita rehidrasi yang memungkinkan pencernaan menjadi lebih baik kondisinya saat kita makan,” kata Angela, dikutip dari USA Today. Ditambahkan Angela, jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik maka proses tubuh tidak akan bekerja dengan efisien.

Alissa Rumsey pakar diet dari Academy of Nutrition and Dietetics di New York menimpali jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik sehingga yang bersangkutan dehidrasi, sering kali disalahartikan otak dengan kelaparan. Sehingga bukannya air yang diasup melainkan makanan. Alhasil terjadilah overeating.

“Setelah tidur semalaman, kita bangun di pagi hari kondisinya dehidrasi ringan. Memulai hari dengan 2 gelas air setelah bangun tidur bisa jadi cara terbaik menghidrasi tubuh,” ucap Alissa. Kata Alissa, minum cukup air penting apapun kondisi cuacanya. Meskipun hari sedang dingin sekalipun, tubuh tetap membutuhkan pasokan air yang cukup.

dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus beberapa waktu lalu juga mengamini memulai hari dengan minum air putih adalah kebiasaan yang baik. Akan tetapi soal jumlahnya tidak bisa disamakan untuk semua orang.

“Jangan kebanyakan. Yang ternyaman seberapa, nanti pelan2 bisa ditambah mungkin sampai bisa 2 gelas. Karena kalau kebanyakan bisa bikin mual. Kalau mual bia muncul sensasi tidak nyaman, bisa jadi muntah, sehingga kapok dan tidak mau minum air putih lagi,” papar dr Akbari. (vit/up; Nurvita Indarini; https://health.detik.com/read/2017/03/15/194903/3447944/763/makna-di-balik-anjuran-minumlah-air-putih-saat-bangun-tidur)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close