Kesehatan

Warga 2 Desa Di Buleleng Tak Tersentuh Covid-19

(merdeka.com)-Satgas Penanganan COVID-19 Nasional ke Kabupaten Buleleng dan menemukan dua desa yang warganya tak pernah terkonfirmasi COVID-19 atau “bebas” COVID-19, yakni Desa Mengening di Kecamatan Kubutambahan dan Desa Nagasepaha di Kec-Buleleng.

Setelah dapat laporan dari Satgas Penanganan COVID-19 di Buleleng, (6/5/2021), Tenaga Ahli Pendamping Satgas Penanganan COVID-19 Nasional I Nyoman Gede Agus Asrama mengatakan peran posko dan kesadaran masyarakat di 2 desa ini terbebas dari COVID-19 itu bagus.

“Peran ini harus disemai di desa lain dan Kabupaten Buleleng Bali dapat mempertahankan hal baik itu dan jadi contoh untuk kabupaten lain di Bali, dan bahkan di Indonesia. Harapannya seperti itu,” katanya.

Sekda Gede Suyasa selaku Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Buleleng menjelaskan evaluasi pada desa yang memiliki kasus terus dilakukan, termasuk menyandingkan dengan dua desa yang tidak pernah ada kasus di 2 Desa itu. “Dua desa itu tidak pernah memiliki kasus aktif,” katanya.

Satgas akan menggali yang dilakukan 2 desa ini, hingga tidak pernah memiliki kasus. Dua desa ini juga akan dijadikan contoh bagi desa lainnya di Buleleng yang memiliki kasus.

“Dua desa ini tak punya kasus itu strategi PPKM-nya seperti apa. Satgas desa, Satgas Gotong Royong nya seperti apa. Itu perlu disampaikan ke teman-teman desa lain yang punya kasus,” jelasnya.

Kedatangan tim Satgas Penanganan COVID-19 Nasional ini,  lebih banyak menyoroti efektivitas PPKM. PPKM ini menurut pandangan Satgas Nasional adalah kunci kesuksesan penanggulangan COVID-19.

Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang jadi anggota Satgas Penanganan COVID-19 Buleleng juga mengusulkan bahwa tetap tracing, test, treatment (3T) harus masif, dan PPKM Mikro diaktifkan.

“Kalau ahanya bikin posko tapi aktivitasnya kurang kita aktifkan. Secara administratif imbauan Pak Bupati beredar untuk aktifkan kembali posko itu. Hanya saja praktiknya harus dalam monitor kita,” ucap Suyasa.

 (ded; Dedi Rahmadi;  Bahan dari  : https://www.merdeka.com/peristiwa/warga-dua-desa-di-buleleng-bali-tak-tersentuh-covid-19.html)-FatchurR *

*** Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close