Kesehatan

Berbahaya jika dilakukan saat mandi

KOMPAS.com-Mandi, kegiatan yang menyegarkan dan menyehatkan. Rutinitas mandi akan menghindarkan Anda dari risiko sakit kulit, hingga dapat meningkatkan mood. Tapi, dalam kondisi tertentu, mandi bisa jadi kegiatan berbahaya jika Anda melakukan hal-hal di bawah ini.
Menyalakan peralatan elektronik saat badai

Jika kamar mandi Anda memiliki sambungan listrik, entah itu untuk pengering rambut atau air panas, sebaiknya jangan dinyalakan ketika ada petir, kata Mary M. Cooper, M.D., peneliti di bagian Program Penelitian Cedera karena Petir di University of Illinois di Chicago. Petir dapat menyambar aliran listirk dan bisa berakibat fatal serta merusak peralatan elektronik.
Menggunakan pancuran yang sudah tua

Hampir sepertiga dari pancuran mengandung bakteri yang berpotensi berbahaya, menurut sebuah studi dari University of Colorado di Boulder. Itu karena shower dan pancuran yang sudah tua umurnya, memiliki sudut dan celah yang merupakan tempat ideal bagi tumbuhnya mikroba. Anda dapat membersihkan pancuran yang sudah tua dengan pemutih, tetapi bakteri tetap akan tumbuh kembali.
Mandi tanpa mat

Mat yang dimaksud di sini adalah keset bergerigi yang biasanya terbuat dari plastik. Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, terjadi lebih dari 230.000 cedera di kamar mandi setiap tahunnya. Hampir 20 persennya adalah karena kejadian tergelincir.
Terlalu sering menggunakan loofah

Loofah adalah semacam spons kasar yang digunakan untuk pengelupasan dan peluruhan kulit mati. Namun, loofah juga sarat dengan kuman. Cuci loofah seminggu sekali dengan cara merendamnya di air cuka kemudia peras dan gantung di bawah sinar matahari sampai kering.
Mandi air panas sebelum tidur

Mandi air panas sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur. Perubahan suhu yang disebabkan karena mandi air panas, bisa mengganggu sistem alami tubuh.

 

Jika Anda memberi jarak waktu yang cukup antara mandi air panas dengan waktu tidur, maka mandi air panas justru dapat membantu Anda tertidur, demikian menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Biology.
Melakukan hubungan seks sambil mandi

Bak dan lantai yang licin, kurang ideal sebagai tempat untuk bercinta, karena berpotensi membuat Anda tergelincir dan jatuh. (Bestari Kumala Dewi; Mens’ health; http://health.kompas.com/read/2016/09/05/213500523/6.Hal.Ini.Berbahaya.Dilakukan.Saat.Mandi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close