Kesehatan

Lima Sumber Karbohidrat selain Nasi Putih

(1health.id)-Saat diet menurunkan berat badan, banyak orang sengaja menghindari karbohidrat. Cara itu dianggap dapat mendukung kesuksesan diet. Padahal diet sehat itu diet dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satu yang harus dipenuhi kebutuhan karbohidrat.

 

Karbohidrat dibutuhkan untuk sumber energi dan menjaga kadar gula darah. Yang perlu dilakukan memilih sumber karbohidrat yang lebih tepat. Ada banyak sumber karbohidrat pengganti nasi putih, yang lebih sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Sumber2 karbohidrat selain nasi putih yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian Anda :

 

1-Nasi merah

Meski sama2 tergolong padi2an, nasi merah jauh lebih sehat dibanding nasi putih. Nasi merah lebih lambat untuk dicerna tubuh, sehingga tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah secara drastis. Nasi merah juga mengandung serat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama.

 

2-Gandum

Gandum juga termasuk sumber karbohidrat yang sehat. Selain mengandung karbohidrat, gandum juga mengandung protein, rendah lemak, serta mengandung serat. Roti gandum dengan tambahan selai kacang, akan menjadi menu sarapan yang sempurna untuk mengawali hari Anda.

 

3-Jagung

Jagung mengandung karbohidrat dan nutrisi lain, seperti vit-B, mineral, dan antioksidan. Jagung cocok dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi. Jagung juga sumber makanan yang mudah diolah. Bisa direbus atau mengukusnya. Bila Anda memiliki cukup waktu, Anda bisa buat jagung sebagai salah satu campuran dalam ber-macam2 sup.

 

4-Oats

Oats salah satu jenis biji2an yang dapat dipilih sebagai sumber karbohidrat. Oats terbukti  mencegah penyakit jantung dan diabetes. Hal itu karena oats mengandung protein, serta kaya vitamin dan mineral. Serat pada oats cukup membuat Anda kenyang hingga waktu makan berikutnya.

 

5-Kentang

Meski lebih sehat dari nasi putih, Anda tidak boleh keliru mengolah kentang yang dikonsumsi. Kentang goreng bukan pilihan tepat. Masaklah kentang dengan direbus/dikukus, agar manfaatnya bisa Anda rasakan. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/5-sumber-karbohidrat-selain-nasi-putih.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close