TELKOMGrup dan SEKAR

Proyek Palapa Ring bakal rampung 2018

Pelayanan komunikasi akan makin maju dan akan makin dapat dinikmati masyarakat dari Aceh hingga Papua. Hal itu disampaikan Menkominfo seperti berita dari beritasatu.com berikut ini : Di tahun 2018 ini, Kemkominfo fokus pada penyediaan akses pitalebar (broadband) di Indonesia.

 

Ditemui usai menghadiri perayaan 8 tahun Bukalapak, (10/1), Menkominfo Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring bakal rampung tahun ini. Paket Barat diperkirakan mulai beroperasi akhir kuartal pertama 2018. Paket Tengah pertengahan 2018 akan rampung, dan Paket Timur kemungkinan selesai di akhir-2018.

 

“Tahun ini, Palapa Ring rampung semua. Se-meleset2nya, kalau ada tantangan khususnya di Papua atau daerah timur, paling kuartal pertama 2019 selesai. Tapi intinya selesai,” ungkap Rudiantara.

Fokus Kemkominfo selanjutnya menyediakan layanan 4G ke lebih banyak kota dan kabupaten.

 

Targetnya 2019, layanan 4G hadir di 514 kota dan kabupaten di Indonesia. “Sekarang ini baru ada di 300-an kota dan kabupaten, dan itu akan dikebut semua,” ujar menteri yang disapa Chief RA ini.

 

Tak hanya jaringan, Menkominfo terus mendorong vendor2 ponsel untuk memproduksi ponsel 4G dengan harga lebih terjangkau. Meski saat ini hadir ponsel 4G berharga Rp 1 juta, dia harap bisa lebih murah lagi.

 

Terkait keamanan internet, saat ini kewenangannya dipindahkan ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Karenanya, ID SIRTII bertahap akan dipindahkan ke BSSN, sehingga masyarakat senantiasa terlindungi dari kemungkinan insiden cybersecurity.

 

“Untuk e-commerce juga terus kita dorong. Banyak pekerjaan rumah kita, kebijakan2 dalam mendorong peta jalan e-commerce yang nanti nilai digital ekonominya USD 130 miliar pada 2020,” kata Rudiantara.

 

Tahun ini, Menkominfo berharap proyek high throughput satelit milik pemerintah bisa direalisasikan. Harapannya bisa ditetapkan siapa pemenang tender untuk merancang, membangun, meluncurkan dan mengoperasikan satelit itu (Herman FMB; Sumber’ Beritasatu.com)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.beritasatu.com/telekomunikasi/472797-menkominfo-targetkan-proyek-palapa-ring-selesai-tahun-ini.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close