Kesehatan

Ciri lain tanda Jantung bermasalah

Web kita menyajikan hal2 tentang jantung cuplikan dari Kompas.com, berhubung teman2 pensiunan ada yang bermasalah dengan organ tubuhnya itu bisa memahami dengan baik. Penyakit yang menyerang seperti jantung koroner (PJK) atau gagal jantung disebabkan faktor berbeda dan bergejala berbeda pula.

 

Karena menyangkut organ tubuh sama, biasanya masalah pada jantung menunjukkan ciri2 umumnya dan perlu diwaspadai. Sebaiknya Anda tahu jenis2 penyakit yang berkaitan dengan organ vital itu. Agar Anda ambil keputusan / segera cari penanganan terbaik. Penanganan gejalanya pada waktu yang tepat mengurangi risiko kematian dan meningkatkan peluang sembuh dan pulih kembali.

 

Serangan jantung

Serangan jantung itu kondisi terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen tiba2 terhambat ke otot jantung sehingga jantung tidak mendapat oksigen. Jika aliran darah tak dipulihkan cepat, bagian otot jantung akan mulai mati. Gejala serangan ini yang biasanya : Berkeringat, napas pendek, denyut nadi cepat atau tidak beraturan, serta mual.

 

Aritmia

Aritmiaitu kelainan jantung ditandai detak atau ritme tidak normal, bisa terlalu cepat, terlalu pelan, atau tidak teratur. Aritmia terjadi bila impuls elektrik tidak berfungsi. Gejalanya detak jantung lambat atau cepat, debaran di dada, nyeri dada, sesak napas, pusing, berkeringat, pingsan, palpitasi (detak jantung seperti terlewat dan berdebar), hentakan pada dada, sesak napas, nyeri dada hingga lemah / kelelahan.

 

Fibrilasi Atrium

Atrial fibrillation atau fibrilasi atrium ini jenis aritmia tersering. Kondisi ruang jantung bawah atau ventrikel memompa lebih cepat dari normal ini menyebabkan detak jantung tidak teratur, seperti dapat hilang timbul atau dapat pula tidak kunjung menghilang.

 

Jika tidak tertangani, risiko komplikasi : Stroke, serangan jantung atau gagal jantung akan tambah besar. Gejala penyakit jantung fibrilasi atrium : Palpitasi (jantung berdebar), sesak, lemas yang sangat, nyeri dada, pusing atau pingsan, lemas, dan jadi linglung.

 

Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung adalah kondisi di mana salah satu atau beberapa katup jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kerusakan pada katup jantung dapat menyebabkan banyak gangguan jantung lainnya, seperti hipertensi dan gagal jantung.

 

Gejalanya antara lain sesak napas, palpitasi, kelelahan, rasa nyeri dan tidak nyaman di dada, pusing, pingsan, sakit kepala, batuk, berat badan meningkat dengan cepat, serta pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, atau perut.

 

Gagal jantung

Gagal jantung adalah istilah menggambarkan keadaan jantung yang tidak bisa berfungsi baik dan tidak memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Ini menyebabkan darah lebih lambat bergerak ke seluruh tubuh. Akibatnya, terjadi penebalan pada bilik jantung.

 

Makin lama, otot jantung makin melemah. Gejalanya : Sesak napas selama beraktivitas atau istirahat, kelelahan ekstrem, serta pembengkakan kaki, pergelangan kaki, perut, atau daerah punggung bawah.

 

Perikarditis

Perikarditis itu pembengkakan dan iritasi pada perikardium. Perikardium ini selaput kantung sekitar jantung yang berfungsi menahan jantung di tempatnya. Peradangan ini menyebabkan luka dan penebalan pada perikardium, sehingga jantung bisa mengerut. Ini berisiko komplikasi lain seperti berkurangnya aliran darah dari jantung hingga menyebabkan kematian. Gejalanya : Nyeri dada yang menusuk, demam, jantung berdebar, serta sesak napas.

 

Satu tanda jantung bermasalah yang umum  : Nyeri dada (angina). Sakit / nyeri dada terjadi ketika rasa sakit yang bikin tidak nyaman, berat, seperti tertekan, terbakar, terasa penuh, dan nyeri yang tak tertahankan. Selain dada, sakit kadang2 terasa pada bahu, lengan, leher, tenggorokan, rahang, punggung.

 

Hampir semua gejala penyakit inig ditandai nyeri dada. Maka dari itu, Anda perlu hati2 jika dada terasa tertekan dan sakit. Namun, gejala penyakit jantung dapat terjadi tanpa sakit dada. Yang umum terjadi : Berkeringat terlalu banyak; Kesulitan bernapas; Mudah lemas dan tidak bertenaga.

 

Jika Anda merasakan satu atau lebih tanda jantung bermasalah di atas, segera cari bantuan medis. Makin cepat gejala penyakit jantung ditangani, makin cepat pula peluang untuk pulih kembali dan terhindar dari komplikasi yang berbahaya. (Wisnubrata; Helo sehat)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/09/143500520/tak-cuma-nyeri-dada-ini-ciri-ciri-lain-tanda-jantung-bermasalah)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close