Kesehatan

Trombosit penyebab menggumpalnya darah

Belakangan banyak kasus teman2 bermasalah karena stroke (salah satunya karena penggumpalan darah). Jika kondisi jumlah trombosit yang diproduksi tubuh terlalu tinggi, Anda bisa dapatkan informasi tentang jumlah trombosit dari pemeriksaan darah. Yuk kita ikuti cuplikan dari 1health.id ini :

 

Trombosit normal  berjumlah 150.000-240.000 platelet / mikroliter darah. Trombositosis penyebab utama penggumpalan darah. Kondisi kelebihan jumlah trombosit ini karena infeksi atau gangguan pada tulang dan sumsum tulang. Umumnya trombositosis dibagi dua, yaitu:

 

1-Trombosit primer/Trombisit essensial : Disebabkan gangguan pada sumsum tulang. Kondisi ini lebih sering menjadi penyebab penggumpalan darah.

 

2- Trombosit sekunder/Trombosit reaktif : Disebabkan penyakit lain : Reaksi alergi, serangan jantung, infeksi, kekurangan zat besi, kekurangan vitamin, dan kanker. Akibat kondisi ini tubuh bereaksi dengan melepaskan sitokin yang menyebabkan meningkatkan produksi trombosit.

 

Penggumpalan darah akibat trombositosis ini bisa terjadi di area2 tubuh, di tangan, kaki hingga otak dan menyebabkan stroke. Trombositosis memiliki gejala sakit kepala, pusing, mudah lelah, sakit dada, kesemutan di tangan dan kaki, gangguan penglihatan hingga perdarahan berbentuk mimisan, gusi berdarah, dan timbul memar di kulit.

 

Untuk menghindari kondisi ini, bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, hindari makanan mengandung lemak jenuh, mempertahankan berat badan, hindari rokok dan beraktivitas fisik setidaknya 30 menit/hari. (Bebby Sekarsari)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/trombositosis-penyebab-penggumpalan-darah.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close