Iptek dan Lingk. Hidup

Berhemat kuota saat pakai WA

(inet.detik.com)-Anda tentu mengenal aplikasi chit-chat WhatsApp yang kini tembus 1,5 miliar pengguna? Mungkin Anda salah satu penggunanya. WA kini dijadikan alat utama berkomunikasi di  dunia. WA jadi alat komunikasi orang2 tak hanya sebagai kirim teks, tapi juga bisa mengirimkan file2 dari gambar, video, audio, dokumen juga bisa melakukan panggilan suara dan video.

Jjika anda pengguna aktif yang setiap hari berkomunikasi dengan WA terlebih memiliki puluhan grup chat yang saling mengirimkan pesan, tentu bisa mengakses semua itu perlu kuota internet yang banyak dan kencang.

 

Untungnya, aplikasi pesan ini memiliki fitur alternatif agar aplikasi milik FB ini tidak menyedot banyak kuota. Berikut langkah2nya yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu tap ikon titik tiga yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu Setelan (Setting)

 

  1. Pada menu setelan, pilih menu Penggunaan data dan Penyimpanan (Data and Storage Usage)
  2. Pada bagian Unduh Otomatis Media (Media Auto-Download), plik menu ‘Saat Menggunakan Data Seluler’ (When using mobile data). Pada bagian, Anda bisa menghilangkan semua centang, hal ini dimaksudkan agar foto, audio, video ataupun file yang dikirim lewat WhatsApp tidak otomotis terunduh.Ini merupakan bagian paling penting untuk menghemat kuota, sebab jika diaktifkan ketika Anda memiliki grup chat dan aktif , tentu segala chat berupa foto dan video akan masuk dan otomatis terunduh sehingga membuat kuota internet makin tersedot.

 

  1. Langkah terakhir, silahkan berikan centang pada pilihan Penggunaan Data Minimum (Low Data Usage). Dengan mencentang opsi ini, ketika Anda melalukan panggilan suara atau video maka fitur ini akan menekan data sehingga akan menghemat kuota. (Josina; bahan dari : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-3859239/cara-menghemat-kuota-saat-menggunakan-whatsapp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close