Kesehatan

Bisa terjadi pada tubuh yang kurang Protein

(health.detik.com)-Protein dibutuhkan tubuh. Sehingga saat kekurangan protein ada hal2 bisa terjadi pada tubuh. “Banyak hal bisa terjadi (pada tubuh) karena protein itu penting untuk semua fungsi tubuh. Misal untuk pembentukan sel2 rusak,” kata dr Titi Sekarindah, MS, SpGK ke detikHealth.
Mengamini ucapan dr Titi, ahli nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD yang dihubungi terpisah mengatakan ada  hal2 bisa terjadi pada tubuh jika kekuragan protein dalam waktu lama. Misalnya penurunan fungsi tubuh. Sebab protein merupakan zat pembangun untuk regenerasi sel, pembentuk enzim dan hormon. Tubuh mudah sakit karena protein berperan penting dalam kekebalan tubuh.

“Pada anak (kekurangan protein) menyebabkan anak terkena penyakit kwashiorkor yang berefek samping seperti cacat mental. Lalu kerusakan pada kuku dan rambut jadi mudah rontik,” imbuh Jansen. Dia menyatakan kekurangan protein menyebabkan menurunnya massa otot dan metabolisme tubuh. Sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan penurunan fungsi motorik.

“Juga bisa menyebabkan anemia karena protein berperan dalam pembentukan sel darah merah. Dapat juga menyebabkan sarcopenia, dementia dan penyakit degeneratif lain” pungkasnya. (up/up; Puti Aini Yasmin;  Bahan dari : (https://health.detik.com/read/2017/06/13/190231/3529587/763/ini-yang-bisa-terjadi-pada-tubuh-saat-kekurangan-protein-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close