Aku cinta Indonesia

Pasar Ikan Modern dengan Freezer Raksasa 1000 ton

(finance.detik.com)-Pembangunan Pasar Ikan Muara baru akan mengadaptasi Pasar Ikan Modern Tsukiji di Jepang. Tidak hanya desain tapi juga fasilitas penyimpanan yang bisa membuat ikan tetap segar berupa cold storage (kulkas raksasa).

Dirut Perum Ikan Indonesia (Perindo) yang akan jadi pihak pengelola Pasar Ikan Muara Baru Risyanto Suanda menjelaskan, Pasar Ikan Modern Muara Baru akan dilengkapi sarana penyimpanan cold storage berkapasitas 1.000 ton.

 

Termasuk gudang penyimpanan dan tempat pengepakan. Serta tersedianya tempat bergerak dan bongkar muat ikan yang harus dilakukan perlahan agar ikan tidak rusak mulai dari mulai bongkar kemudian dipajang di display.

 

“Itu penyimpanannya di pasar modern ini. Perum Perindo sudah punya cold storage berkapasitas 2.200 ton. Jadi sangat cukup. Di dalam akan ada infrastruktur pasar ikan standar seperti kios2, ada display-nya, kita akan lengkapi sarana air bersih untuk moving-moving yang nanti akan ada movement ikan banyak sekali kan nanti akan banyak di sana,” ujarnya, ke detikFinace akhir pekan lalu.

Keberadaan kulkas raksasa di pasar ikan modern itu berperan penting untuk menjaga ikan tetap segar. Masalahnya, bila hanya mengandalkan penyimpanan dengan es batu, usia konsumsi ikan akan lebih pendek dan membuat kesegarannya cepat hilang.

Idealnya, ikan harus dibekukan pada suhu minus 40°C dengan tingkat beku tinggi hingga ke tulang. Setelah beku, ikan harus disimpan pada suhu 20°C agar kandungan nutrisi pada daging ikan tidak rusak.

“Ada pendingin namanya airbrus freezer jadi minus 40°C jadi beku tuh sampai daging2nya. Nah setelah itu disimpan itu di minus 20 kemudian disimpan selama 1-2 tahun itu nggak apa-apa asalkan pembekuannya sesuai”.

 

“Kan dibekukan 8-10 jam, jadi dibekukan kemudian dipindahkan di cold storage simpan 1-2 tahun itu nggak apa. Ketika dikeluarkan masih segar. Jikka kita ambil dan unfreeze nanti seperti ikan yang baru di tangkap dalam jarak setahun, seperti baru ditangkap, itu kuncinya di cold storage”.

 

“Seperti daging, ikan relatif mahalnya karena butuh cold storage,” ujarnya. (dna/dna; Selfie Miftahul Jannah; bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3873826/pasar-ikan-modern-ri-bakal-dilengkapi-freezer-raksasa-1000-ton)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close