TELKOMGrup dan SEKAR

Bisnis BroadBand Telkomsel Jabar naik 135%

(republika.co.id)-BANDUNG-Wilayah Jabar jadi pasar kedua terbesar bagi bisnis digital Telkomsel, setelah Jakarta Bogor Tangerang Bekasi (Jabotabek). Itu tercermin dari kenaikan payload broadband Jabar (2017) yang mencapai 135% year on year (yoy).

 

Menurut Manager Corporate Communications Area Jabotabek-Jabar Telkomsel, Singue Kilatmaka, tingginya pertumbuhan payload broadband Telkomsel di Jabar ditunjang gaya hidup digital yang bergerak makin masif hingga ke pelosok. “Pertumbuhan tertinggi terjadi di pelosok. Salah satu pendongkraknya maraknya game online” ujar Singue dalam siaran persnya (25/3).

 

Menurut Singue, kondisi itu mendorong Telkomsel melakukan ekspansi infrastruktur cukup besar di Jabar. Peningkatan kuantitas infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G di Jabar sepanjang 2017 mencapai 336% yoy. Pembangunan BTS 4G di Jabar 2017 itu terbesar.

 

“Fokus pembangunannya sampai ke remote area, seperti Tasikmalaya, Cirebon, dan Garut,” katanya. Selain gaya hidup digital, tingginya pertumbuhan bisnis digital Telkomsel secara umum tidak terlepas dari strategi tarif yang diterapkan Telkomsel. Kini, Telkomsel berani ekspansi dengan strategi tarif lebih kompetitif. Ia berikan banyak pilihan paket menyasar seluruh segmen pasar.

 

“Dari paket2 yang ada, paket combo berhasil mendorong pertumbuhan layanan data dari segmen pelanggan prepaid,” kata Singue. Strategi ini, berhasil mendorong pertumbuhan trafik data di Jabotabek Jabar 56% yoy. Sekitar 38% di antaranya tumbuh dari pelanggan berbasis prepaid (prabayar).

 

Kini, total pelanggan Telkomsel Area Jabotabek Jabar 45,5 juta orang dan 68%nya di wilayah Jabotabek. Dari jumlah itu, tiga juta di antaranya pelanggan postpaid (pascabayar). Secara nasional, bisnis digital Telkomsel (2017) tumbuh 28,7% yoy. Bisnis digital berkontribusi 42,3% terhadap revenue Telkomsel, yang pada periode itu Rp 93,2 triliun.

 

Dari sisi operasional, kata dia, total pelanggan Telkomsel tercatat 196,3 juta pelanggan (akhir 2017). Sepanjang 2017 Telkomsel membangun 31.672 BTS 3G/4G. Total saat ini Telkomsel memiliki 160.705 unit BTS, yang 70% di antaranya adalah 3G/4G.

 

Per Februari-2018 jumlah BTS Telkomsel di area Jabotabek Jabar sebanyak 45 ribu dan 75 persen di antaranya sudah 3G dan 4G. (Agus Yulianto; Bahan dari  :  http://republika.co.id/berita/telko-highlight/berita-telkom/18/03/25/p654b2396-kenaikan-bisnis-broadband-telkomsel-jabar-capai-135-persen)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close