TELKOMGrup dan SEKAR

Blanjacom memajukan UKM di Desa 3T

(indotelko.com)- PANDEGLANG; – BLANJA.com bersinergi dengan Kemendes PDTT, meluncurkan program “Pemberdayaan Masyarakat Desa Mengenai E-Commerce (Go Online)”. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi  pelaku UKM di desa2 tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) selama setahun.

 

“Sebagai eCommerce milik pemerintah, Blanja.com berkomitmen ambil peran sentral untuk mendorong keberhasilan daerah tertinggal melalui penguatan digitalisasi produk lokal,” kata CEO BLANJA.com Aulia E Marinto dalam keterangan, kemarin.

 

Mengutip data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, ada 1,8 juta komoditas UKM di desa yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat pedesaan. Jika dibagi dalam beberapa cluster, potensi perkebunan 26,8%, perikanan 12,827%, energi terbarukan 86,4%, potensi pertanian 82,7%, dan sebagai desa wisata 1,902%.

 

“Indonesia, ‘Pasar Besar’ untuk menjadi sasaran pemasaran hasil produk unggulan daerah secara online, termasuk produk unggulan di daerah tertinggal. Melalui pengembangan digital ekonomi, masyarakat di daerah tertinggal langsung berjualan secara online melalui blanja.com.

 

Hal ini membuka link antara desa2 di daerah tertinggal dengan kota2 pusat pertumbuhan melalui IT. Harapannya, dengan pemberdayaan digital untuk warga di daerah tertinggal bisa berdampak ekonomi yang luar biasa untuk bangsa,” ungkap Dirjen PDT Samsul Widodo.

 

Blanja.com datang ‘menjemput’ produk lokal di Pandeglang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mereka. “Ada produk2 lokal khas Indonesia yang harus kita gali potensinya, karena produk yang benar2  ASLI INDONESIA itu pusatnya ada pelosok2 Indonesia,” ujar Aulia.

 

Pandeglang memiliki produk lokal unggulan menarik dan beragam, seperti aneka keripik, kopi khas Pandeglang, dompet lipat, sajadah lipat dan karpet lipat sampai kain batik khas suku Baduy.

 

Kemendes PDTT mencanangkan program satu desa satu produk unggulan. Ini bertujuan menaikkan tingkat keberhasilan dari suatu produk untuk di kenal dan dipasarkan melalui  eCommerce. (ad; Bahan dari  :  https://www.indotelko.com/kanal?c=ecm&it=blanjacom-desa-3t)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close