Islam

Ilmuwan Indonesia dapat penghargaan dari Raja Salman

(news.detik.com)-Mekah; Prof. Dr. Irwandi Jaswir, ilmuwan dari Indonesia, diganjar penghargaan bergengsi oleh pemerintah Arab Saudi. Diberikan langsung Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

Penghargaan itu bertajuk “King Faisal International Prize 2018”. Irwandi mendapat penghargaan kategori pelayanan kepada Islam di acara di Hotel Faisaliyah, Riyadh, pada Senin 26 Maret 2018 malam.

Prof. Irwandi, pria kelahiran Medan, (48 tahun lalu), yang lebih dikenal dengan “Profesor Halal” ini ilmuwan yang dinilai berkontribusi besar dalam pengembangan Halal Science. Berkat penemuannya  mempermudah ummat mendeteksi unsur haram pada makanan / produk lain, obat dan kosmetik.

 

“Alhamdulilah, saya sempat sebagai saksi mata di perhelatan spektakuler tsb dan bangga ada anak bangsa menggondol penghargaan bergengsi itu. Ini penghargaan nyata dunia Internasional untuk intelektual Indonesia”.

 

“Saya bangga ketika malam pagelaran super mewah, bendera merah putih berjejer di antara 6 bendera yaitu Saudi Arabia, Inggris, AS, Jordania, Tunisia dan Indonesia,” kata Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Mafthuh Agebegriel.

 

Acara seremoni penghargaan sekaligus perayaan 40 tahun Penghargaan King Faisal Prize ini dihadiri tidak kurang dari 500 undangan dari berbagai elemen baik nasional – internasional dengan pengamanan level super VVIP karena berselang 21 jam paska Riyadh dikirim 3 rudal balistik.

 

Dalam sambutan singkat di hadapan Raja Salman dan hadirin, Prof. Irwandi Jaswir mengajak seluruh peneliti Islam di dunia untuk terus berkarya dan menyumbangkan pemikiran2 dan penelitian ilmiahnya kepada Islam di semua aspek disiplin ilmu sebagai sumbangan untuk kemanusiaan.

“Beliau sempat ter-bata2 dan haru ketika berterimakasih pada Ibunya yang hadir dan almarhum Ayahnya,” ujar Mafthuh. Esok harinya, Prof. Irwandi Jaswir bertemu dan bersilaturahim Ekspatriat Indonesia di Riyadh. Hadir pada acara silaturahim itu tokoh masyarakat, perwakilan ormas/LSM, mahasiswa Indonesia dan siswa-siswi Sekolah Indonesia Riyadh.

“Saya merasa bangga dan terharu karena setelah sekian lama baru kali ini ada anak bangsa yang kembali memperoleh penghargaan dari Yayasan Raja Faisal. Hebatnya lagi penghargaan ini diserahkan langsung oleh Raja Arab Saudi,” ujar Mafthuh.

Selain Raja Salman dan Prof Irwandi, Nobel ini pernah dianugerahkan pada 46 tokoh dan institusi di antaranya Abul Hasan an-Nadwi (India), Recep Tayib Erdogan, Syeikh Hasanain Makhlouf, Khursyid Ahmad, Syeikh Gad al-Haq Ali Gad al-Haq, M. Natsir (Indonesia), Roger Garaudy, Universitas al-Azhar, Mahatir Muhammad dan semua Raja Saudi Arabia pasca Raja Faisal bin Abdulaziz.

Sebagai catatan, penghargaan King Faisal Prize diberikan dalam 5 (lima) kategori yaitu, Pelayanan Kepada Islam (Service to Islam) untuk Indonesia, Studi Islam (Islamic Studies) untuk Jordania, Bahasa Arab dan Literature (Arabic Language and Literature) untuk Tunisia , Obat (Medicine) untuk Amerika, dan Sains (Science) untuk Inggris.

Profesor Irwandi Jaswir adalah orang ke-2 setelah Dr. Mohammad Natsir (PM ke-5 Indonesia) yang menerima penghargaan yang seringkali disebut “Nobel” dalam dunia Arab dan Islam.

Penghargaan kategori Pelayanan Kepada Islam (Service to Islam), sebagaimana diberikan kedua anak bangsa itu, juga diberikan kepada tokoh2 dunia yang dianggap melakukan upaya2 luar biasa dalam mempromosikan Islam sebagai agama yang toleran atau memiliki karya-karya yang didedikasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan umat Islam.

Profesor Irwandi Jaswir lahir (20/12/1970) di Medan. Menyelesaikan S1-nya di IPB dan melanjutkan S-2 serta S-3 di International Islamic University Malaysia (IIUM). Publikasi internasional Profesor Irwandi Jaswir terdiri dari 75 tulisan ilmiah, 30 buku dan 150 karya ilmiah selain 60 jenis penghargaan Nasional dan Internasional yang telah dikantonginya dan 3 hak paten Internasional sdh dia genggam.

King Faisal Prize dikomandani oleh HRH Khalid al-Faisal dengan Sekjen Abdul Aziz al-Sebail.
(fjp/fjp; Niken Purnamasari; Bahan dari :  https://news.detik.com/berita/d-3943294/kagum-ilmuwan-indonesia-dapat-penghargaan-dari-raja-salman)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close