Islam

Pesantren ditantang bisa kembangkan Bisnis

Merdeka.com-Presiden Jokowi menantang pesantren2 bisa mengembangkan bisnis di lingkungan sekitar. Ini perlu agar pesantren bisa jadi penggerak ekonomi, selain fungsi pendidikan agama.

“Kita mulai dari pesantren memiliki lingkungan bisnis yang baik,” kata Jokowi saat silaturahmi bersama Pengurus Pusat (PP) Persis, di Masjid Persis, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung (17/10).

Pemerintah saat ini menyiapkan unit keuangan bank wakaf mikro yang akan didirikan di sejumlah pesantren. Permodalan harapannya bisa mempermudah kalangan pesantren mengembangkan bisnis dengan biaya 2%.

“Tanpa bunga. Hanya 2% setahun untuk biaya administrasi. Kalau BPR bisa 40%” imbuhnya. Jokowi mengaku terus meninjau ke pesantren2 melihat langsung kesiapan di lapangan. Pemerintah terus berupaya maksimal meningkatkan kesejahteraan terutama masalah keumatan. Salah satunya yakni mencabut konsesi lahan dari berbagai pihak.

“Kita cabut konsesi. Kita dapat 12,7 juta ha” katanya menyebut lahan itu bisa digunakan masyarakat. Tak hanya itu, pemerintah konsisten hadirkan keadilan dengan terus membuka akses kesehatan dan pendidikan se-luas2nya bagi warga tidak mampu.

“Kita beri Kartu KIS bagi warga tidak mampu, agar ke RS enggak bayar. Kartu Indonesia Pintar ke 19 juta siswa,” ujarnya. (Rzk; Andrian Salam Wiyono)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/peristiwa/presiden-jokowi-tantang-pesantren-mampu-kembangkan-bisnis.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close