Iptek dan Lingk. Hidup

Meneliti otak Lalat buah untuk mempelajari Algoritma canggihnya

Merdeka.com-Siapa sangka kunci mendapatkan algoritma komputer yang jauh lebih baik bisa didapat di otak lalat buah. Hal ini dibuktikan ilmuwan.

 

Dikutip oleh The Verge, lalat buah selalu ‘mencari kesamaan’ yang biasa dilakukan komputer kita. Contoh, jika kita mencari video klip Coldplay di YouTube, daftar rekomendasi kita akan menampilkan Radiohead, karena algoritma menganggap kedua band itu mirip secara musikalitas.

 

Lalat buah melakukan ini. Ketika mereka cium bau jeruk makanannya, di masa depan mereka akan tahu kalau ada bau yang mirip jeruk pasti juga makanan. Jadi algoritma alami ini metode mereka bertahan hidup. Ini sangat jauh berbeda dengan komputer. Itulah mengapa ilmuwan ingin menelitinya.

 

Komputer melihat dari berbagai hal untuk melakukan algoritma. Seperti menentukan Coldplay dan Radiohead tadi, algoritma lihat genere, jenis kelamin penyanyi, instrumen yang dimainkan, dsb. Hal ini yang membuat kesamaan dan akan ditampilkan jika masing2 kategori dicari. Lalat melakukan sebaliknya.

 

Menurut Saket Navlakha, penulis studi ini (ilmuwan komputer dari Sak Institute for Biological Studies), disebut saat lalat buah mencium sesuatu pertama kali, 50 neuron menyala dalam kombinasi unik, dan justru memperluas informasinya jadi lebih detil, kepada hingga 2000 neuron. Ini membuat lalat buah dapat mengenali bau yang sama lebih cepat, karena disebar ke neuron lebih luas. (idc; Indra Cahya)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/teknologi/ilmuwan-teliti-otak-lalat-buah-untuk-pelajari-algoritma-canggih-di-dalamnya.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close