Islam

Embun Pagi- Hikmah

Setelah Allah menurunkan petir yang menggetarkan, menakutkan dan membakar apapun yang disentuhnya, ternyata Allah menganugrahkan manfaat petir,

 

Petir membersihkan udara dari kuman dan bakteri. Di udara di-tengah2 kita, apalagi sekitar tempat pembuangan sampah, pabrik, industri, pasar, rumah-sakit berterbangan kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit2. Kilatan petir menyebabkan panas yang tinggi, sampai 25.000°C. Panas ini disebarkan ke udara sekitar dan membakar kuman dan bakteri. Udara jadi segar kembali.

 

Petir juga membantu terbentuknya Ozon. Sambaran petir memicu reaksi kimia dari oksigen (O2) , jadi Ozon (O3). Seperti Kung pernah cerita, Ozon itu lapisan atmosfir yang menghalangi sinar Ultra Violet dari radiasi sinar matahari menerpa bumi. Sinar UV (Ultra Violet) ini berbahaya bagi manusia maupun makhluk hewan.

 

Petir menghasilkan molekul2 nitrogen di udara. Molekul nitrogen ini ber-sama2 air hujan diturunkan dan meresap ke bumi. Nitrogen adalah bagian utama protein, enzim dan mempercepat proses sintesis dan perpindahan energy. Jadi Petir itu serupa pabrik pupuk NPK yang besar yang memuntahkan pupuk yang dihasilkannya bersama turunnya hujan ke kawasan tanah yang luas.

 

Begitulah, Allah selalu memberikan hikmah dibalik musibah. Terkadang hikmahnya jauh lebih besar dari musibahnya. Tergantung kita, bila tertimpa musibah, apakah kita mampu sabar menerimanya sambil mencari hikmah dibaliknya, atau kita hanya bisa menyalahkan Allah saja. (Sadhono Hadi; EP-18; dari grup WA-VN; bahan dari Moh.Pabundu Tika)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close