Iptek dan Lingk. Hidup

Embun Pagi-Ozon

Cucuku, kelak di sekolah lanjutan kalian akan belajar mengenai lapisan Ozon di langit kita. Lapisan Ozon itu adalah salah satu anugrah Allah yang teramat besar untuk kita. Lapisan ozon itu tidak tebal tapi tidak juga tipis, seimbang.

 

Allah melindungi kehidupan kita dengan tabir ozon itu, tanpa lapisan itu, kita tidak bisa lagi menikmati sinar matahari dengan nyaman. Sinar matahari menjadi sangat berbahaya bagi kulit, karena bisa mengakibatkan penyakit ganas, juga bagi mata bisa menimbulkan katarak.

 

Sayangnya ikatan zat oksigen di ozon itu mudah sekali terurai dan hilanglah keampuhannya. Bahan-bahan perusak ozon itu muncul dari bahan kimia untuk AC, parfum, pengharum ruangan dan lain-lainnya. Penebangan hutan secara semena-mena dan polusi udara juga bisa merusak lapisan ozon.

 

Kalau lapisan ozon itu bolong, sinar matahari bisa masuk langsung ke permukaan bumi kita, wah akibatnya iklim yang selama ini sangat menyenangkan bisa menjadi bencana. Es di kutub mencair, permukaan laut naik, pantai-pantai indah tenggelam, banjir merajalela, hujan lebat tanpa terduga, sebaliknya di tempat lain, kering kerontang.

 

Udara menjadi panas karena efek rumah kaca, tanyakan kepada gurumu apa itu efek rumah kaca.

Cucuku, tugas kita semua, juga tugasmu, karena kelak engkau yang menderita bila kita tidak menjaga kelestarian lapisan ozon, nikmat Allah itu sebaik-baiknya. (sadhono hadi, EP 009, bahan-bahan dari Moh.Pabundu Tika, 2017)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close