Psikologi

Kerbau pun bisa mati gara2 Gosip

Sepulang membajak dari sawah, Kerbau rebahan di kandang dengan wajah lelah dan nafas berat. Lalu datanglah seekor kucing, dan kerbau berkata: “Ah…temanku, aku sangat lelah, kalo boleh besok aku mau istirahat sehari aja”.

 

Eh, kerbau bisa ngomong kaya gitu ga ya? Gak usah dipikirin, yang penting lanjut.

Ceritanya, Kucing pergi dan di tengah jalan dia berjumpa dengan anjing, lalu kucing berkata: “Tadi saya ketemu kerbau, katanya dia besok mau istirahat dulu. Sudah sepantasnya sebab boss kasih kerjaan terlalu berat”.

 

Anjing lalu cerita pada kambing: “Kerbau komplain, boss kasih kerjaan terlalu banyak dan berat, besok dia gak mau kerja lagi”.

Kambing ketemu ayam dan bilang: “Kerbau gak senang kerja dengan boss lagi, mungkin dia sudah ada kerjaan yang lebih baik”.

 

Ayam berjumpa dgn Kampret dan dia bercerita pula: “Kerbau gak akan kerja lagi untuk boss dan mau kerja di tempat lain”.

Saat malam, Kampret  bertemu dengan si Boss dan berkata: “Boss, si kerbau akhir2 ini sudah berubah sifatnya dan mau tinggalin boss untuk kerja di boss yg lain”

 

Mendengar ucapan monyet, sang Boss Marah Besar dan tanpa konfirmasi lagi, dia langsung menyembelih si kerbau karena dinilai telah berkhianat kepada-nya.

 

Padahal ucapan asli kerbau:

“Saya Lelah Dan Besok Mau Istirahat Sehari”.

Lewat beberapa teman, ucapan ini telah berubah dan sampai kepada boss menjadi:

“Si kerbau akhir2 ini telah berubah sifatnya dan mau tinggalin bossnya dan kerja pada boss yg lain”.

 

Jadi apa maknanya?  Kadang Satu Pembicaraan Berhenti cukup sampai di telinga kita aja dan Gak Usah sampai ke telinga org lain.  angan Telan Bulat2 atau percaya begitu aja Setiap Berita atau perkataan orang lain meski itu keluar dari mulut orang terdekat kita. Kita perlu Check & Recheck Kebenarannya sblm bertindak atau memutuskan sesuatu, konfirmasi lsg ke sumbernya.

 

Kebiasaan Meneruskan Perkataan / berita dari orang lain dengan menambah atau menguranginya atau menggantinya dengan persepsi & asumsi kita sendiri Bisa Berakibat Fatal. Jika RAGU dengan ucapan / berita dari seseorang atau siapa pun, sebaiknya kita tanya langsung kepada yang bersangkutan untuk Konfirmasi Kebenarannya.

 

Note:  JADILAH FILTER sehingga kita tidak membuat Kekeliruan Informasi atau membuat celaka bagi orang lain. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close