Kesehatan

Proses terjadinya Kerapuhan Tulang

(1health.id)- Tulang, organ tubuh penting dan perekat antar organ tubuh. Tulang selalu bergerak dinamis sesuai usia manusia. Tulang mulai mengalami proses pembentukan melalui sel osteoblast ketika sejak di andungan dan mengalami proses penurunan fungsi saat usia tua karena sel osteoklast.

 

Faktor2 yang memengaruhi fungsi tulang seperti konsumsi kalsium, aktivitas fisik dan faktor hormonal, yaitu estrogen dan testosteron. Kedua hormon ini berperan memelihara fungsi sel osteoblast serta mengendalikan aktivitas penghancuran tulang oleh sel osteoklast.

 

Tulang manusia tumbuh sejak bayi dan berhenti pada usia (30-35), dan tanpa kita sadari menurun sebesar 0,7% per tahun. Ini awal osteoporosis pada tubuh. Osteoporosis itu penyakit tulang yang disertai menurunnya kualitas dan kepadatan tulang, sehingga menyebabkan tulang jadi rapuh dan berisiko terjadi patah tulang.

 

Proses penurunan tulang ini bergantung individu. Ketika kepadatan tulang baik saat muda, maka proses osteoporosis masa tua lambat. Penyebab osteoporosis : Kebiasaan hidup tak sehat, diantaranya konsumsi alkohol, minum kopi dan teh yang pekat, asupan kalsium kurang, OR tidak teratur, merokok, penyakit kencing manis, serta konsumsi obat2an berlebihan khususnya steroid.

 

Semua faktor itu bisa diatasi jika memiliki kemauan untuk menciptakan lingkungan sehat. Namun, di antara faktor tersebut, ternyata ada faktor genetik yang menyebabkan terjadinya osteoporosis, seperti ras, usia, gender, dan postur tubuh.

 

Penelitian2 menyebutkan wanita rentan terkena osteoporosis. Salah satunya masa pertumbuhan tulang wanita berhenti di usia (18) dan setelah usia (30) secara perlahan fungsi tulang terus menurun 0,7%. Berikutnya yang tersering terjadi alami karena proses menopause yang menyebabkan berkurangnya hormon estrogen pada tubuh perempuan.

 

Setiap orang memiliki faktor alami terkena risiko osteoporosis, untuk itu asupan kalsium, OR, pola hidup sehat, dan pemeriksaan ke dokter itu hal yang harus Anda mulai dari sekarang. (Bebby Sekarsari; Bahan dari :  http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/begini-proses-terjadinya-kerapuhan-tulang.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close