Aku cinta Indonesia

BUMN membangun Masjid dan Jaringan Distribusi BBM di Pesantren

(kontan.co.id)- Bank Mandiri, PLN dan WIKA, membangun masjid untuk mendukung keagamaan di Banten. Pembangunan masjid di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, itu bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

 

Kemen-BUMN melalui Pertamina juga mengembangkan jaringan distribusi BBM bersama pesantren. Menteri BUMN  Rini Soemarno meresmikan Masjid Agung Penata di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten pada (24/5/18).

 

Masjid ini dibangun lewat sinergi 3 BUMN yaitu PT Bank Mandiri, PT PLN dan PT Wijaya Karya. Masjid dengan luas 857,02 m2 ini menampung 400 jamaah di dalam masjid dan 200 jamaah di serambi masjid. Kehadiran masjid ini diharapkan bisa mendukung aktivitas ibadah warga Serang dan sekitarnya.

 

Dalam peresmian ini Rini didampingi Ketua MUI KH. Maruf dan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut PLN Sofyan Basir, Dirut WIKA Tumiyana serta Plt. Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Pembangunan masjid ini berbiaya Rp 5,5M dari sinergi program CSR Bank Mandiri dan PLN masing2 Rp 2,2M serta WIKA Rp 1,1 M.

 

Menteri BUMN mengatakan, seluruh bantuan itu diharapkan mendukung masyarakat dalam menjalankan ibadah, sehingga mendorong peningkatan aktivitas sosial serta membangun kerohanian. “Penting bagi kami memastikan kehadiran BUMN di tengah2 masyarakat benar2 bermanfaat”.

 

Selain meresmikan Masjid, Rini juga memberi bantuan simbolis berupa SPBU modular di Tanara. SPBU Modular ini diberi nama Perta Shop dengan tagline “Onestop Shop of Pertamina Product”. Pertashop ini bertujuan memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat sekitar Kecamatan Tanara.

 

Kecamatan Tanara diusulkan jadi destinasi wisata religi. Daerah ini bersejarah besar terkait Islam di nusantara. Tanara punya situs : Masjid usia ratusan tahun, situs Syekh Nawawi Al-Bantani, ulama internasional yang didikannya jadi pendiri2 organisasi2 keislaman Indonesia termasuk NU-Muhammadiyah. Situs Syekh Abdul Karim Al-Bantani, mursyid/guru besar tarekat qadiriyah wa naqsabandiyah.

 

“Lewat pembangunan ini, BUMN ikut membangun Indonesia secara fisik berbentuk infrastruktur, juga mendukung pembangunan mental-rohani masyarakat Indonesia, agar mendukung pengembangan Indonesia untuk tumbuh ke arah lebih baik,” ujar Rini. (Bahan dari : http://www.kontan.co.id/saatnya-mandiri/bumn-bangun-masjid-dan-jaringan-distribusi-bbm-di-pesantren)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close