Islam

kebahagiaan seorang muslim

(beritasatu.com)- Dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 200, Allah SWT berfirman,”…Di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.

 

Sebagian di antara mereka ada yang berkata,”Wahai Tuhan kami berilah kebaikan pada kami di dunia dan akhirat dan lindungilah kami dari api neraka”. Jika diperhatikan ayat ini, tentu tidak ada orang di dunia ini yang ingin kebahagiaan di akhirat saja. Namun, juga mengharapkan kebahagiaan di dunia.

 

Karena itu, pengertian dari ayat ini, seorang muslim diharuskan untuk memperhatikan prinsip2 moral dan etika demi memperoleh kebahagiaan di dunia. Untuk itu, dengan berdoa meminta kebaikan di dunia dan akhirat berarti kita harus mendahulukan prinsip2 moral dan etika tuntutan agama.

 

Dengan demikian, ayat itu bisa disimpulkan ketika ayat itu diturunkan sebagai seorang musrik atau tidak beriman kala itu mengatakan hanya menginginkan kebahagiaan di dunia. Namun, saat ini ketika seorang muslim berdoa, berarti meminta kebahagiaan dunia dan akhirat.

 

Dengan begitu berarti kita harus mendahulukan hidup kita untuk akhirat. Bukan dunia. (Penulis merupakan staff pengajar di Universitas Paramadina; Pipip A Rifai Hasan; SHL; Bahan dari :  http://www.beritasatu.com/jalan-pulang/494672-kebahagiaan-seorang-muslim.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close