Selingan

Tradisi ramadhan di Indonesia(4/5)

(halomoney.co.id)-Seri berikutnya, Ke-4 : 9-Gebyar Ki Aji Tunggal-Jepara Jateng

Ini tradisi di Jepara, Jawa Tengah, tiap menyambut Ramadhan. Kegiatan Gebyar Ki Aji Tunggal digelar untuk mengingatkan masyarakat tentang kedatangan bulan suci Ramadan. Karnaval budaya ini digelar tiap bulan Sya’ban (kalender Islam) atau bulan Ruwah (kalender Jawa)

 

10-Megibung-Bali.

Megibung adalah tradisi menyambut Ramadhan yang rutin digelar oleh masyarakat muslim di Bali. Tepatnya di Kampung Islam Kepaon, Karangasem, bagian timur Pulau Dewata. Acara Megibung digelar pada hari ke 10, 20 dan 30 hari puasa.

 

Tradisi ini diperkenalkan Raja Karangasem yaitu I Gusti Agung Anglurah Ketut Karangasem abad 17an M. Megibung berasal dari kata gibung berarti kegiatan saling berbagi, duduk melingkar dan makan bersama dengan suguhan nasi dan lauk pauk di atas nampan.

 

Sampai saat ini, Megibung masih lestari dilakukan oleh masyarakat Karangasem terutama yang beragama Islam.

 

11-Malam Selawe-Gresik Jatim

Malam selawe merujuk pada kata selawe (25 dalam bahasa Jawa). Ini tradisi khas masyarakat Gresik, Jatim, yang berlangsung pada malam ke-25 Ramadhan. Tradisi ini berlangsung sejak zaman Sunan Giri, salah satu dari Walisongo yang termasyhur.

 

Pada 10 hari terakhir bulan puasa, orang Islam meyakini malam lailatul qodar atau malam seribu bulan akan datang. Maka itu, banyak muslim menjalankan itikaf atau menyepi di mesjid agar lebih khusyuk beribadah. Masyarakat Gresik dan sekitar banyak yang menyepi di mesjid Giri, di perbukitan di Selatan kota pantai utara Jawa itu.

 

Makin lama makin banyak orang datang ke mesjid Giri, beribadah sampai jalanan di sepanjang arah mesjid jadi ramai. Keramaian ini mengundang kedatangan pedagang hingga kini, tiap malam 25 di bulan puasa, digelar tradisi malam selawe di Gresik. Sepanjang jalan Sunan Giri ramai dikunjungi pengunjung yang mendatangi pasar kaget.

 

Selain malam Selawe, ada juga tradisi malam Bandengan setiap menjelang berakhirnya bulan Ramadhan. Malam Bandengan adalah malam para petambak bandeng panen ikan bandeng dalam ukuran jumbo hingga dilelang di pasar Gresik.

 

Ikan bandeng ini jadi suguhan penutup puasa dan melengkapi hidangan khas Lebaran di kota santri tersebut. (Ruisa Khoiriyah; Bahan dari :  https://www.halomoney.co.id/blog/tradisi-unik-bulan-ramadhan-yang-hanya-ada-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close