Kesehatan

Daun Pepaya untuk Obat Demam Berdarah

(health.detik.com)-Jakarta; Pepaya dianggap buah yang tersehat dan membantu menyembuhkan banyak penyakit. Tidak hanya dagingnya, daunnya juga berkhasiat meningkatkan jumlah trombosit sehingga ditengarai jadi obat rumahan terbaik untuk melawan demam berdarah dan penyakit lain.

Seperti dilansir dari laman Times of India, daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain dan alkaloid. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kombinasi papain dan senyawa lain membantu secara efektif mencerna protein penting yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan.

Ekstrak daun pepaya meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita DB. Penelitian ini dilakukan pada 400 pasien, sebagian dapat pengobatan standar untuk DB dan sebagiannya lagi berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.

Hasilnya ditemukan pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak perlu transfusi darah.

Tak sedikit pakar kesehatan yang merekomendasikan jus daun pepaya ini sebagai obat yang efektif mengobati demam berdarah. Selain mengobati, ekstrak daun pepaya diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah,

 

Seperti demam tinggi, ruam kulit dan penurunan jumlah trombosit. (Hrn; Up; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/3623084/khasiat-daun-pepaya-untuk-obat-demam-berdarah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close