Kesehatan

Mandi air panas atau dingin?(2/2

(lifestyle.kompas.com)-Seri terakhir dari sajian ini membahas mandi air dingin :

Mandi air dingin  ; Di hari yang panas atau ketika bangun pagi, mandi air dingin tampaknya jadi pilihan yang menyegarkan. Menurut dr. Melissa Piliang, suhu air dingin yang ideal berkisar pada 21°C.

 

Kita tidak disarankan mandi dengan air es atau air yang suhunya lebih rendah dari anjuran para ahli. Manfaat mandi air dingin Membiasakan diri mandi air dingin bisa memberikan banyak manfaat. Berikut adalah khasiat mandi air dingin bagi kesehatan.

 

Menyegarkan pikiran. Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat kita tetap segar dan terjaga. Suhu air yang dingin bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran tetap waspada secara alami.

 

Menjaga kesehatan rambut dan kulit. Tak seperti air panas yang membuat kulit kering, air dingin bisa membuat kulit tetap lembap dan kenyal. Rambut jadi lebih lembut dan bercahaya alami.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian dalam European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology membuktikan suhu yang dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan oleh sistem imun guna melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

 

Meredakan depresi. Bagi penderita depresi, cobalah mandi air dingin. Air dingin yang bersentuhan dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini akan dibaca sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Otak juga akan memproduksi hormon beta-endorfin yang akan membuat kita merasa lebih baik.

 

Risiko mandi air dingin

Baik mandi air panas atau air dingin, ada risiko2 yang harus kita perhatikan. Usahakan menghindari risiko2 berikut ini ketika mandi dengan air dingin.

 

Pembuluh darah menyempit. Banyak penelitian membuktikan mandi air dingin bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika tidak segera ditangani, aliran darah menuju organ2 vital seperti jantung dan otak bisa tersumbat. Bila organ vital tidak mendapat asupan darah yang kaya oksigen, akibatnya bisa fatal.

 

Hipotermia. Sebaiknya jangan mandi dengan air terlalu dingin bila saat itu suhu di sekitar sudah dingin. Apalagi kalau mandi air dingin dalam waktu yang cukup lama. Suhu tubuh berisiko drop tiba2 dan sulit untuk naik kembali. Hal ini berisiko menyebabkan hipotermia dan denyut nadi melemah.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Lebih Sehat Mana: Mandi Air Panas Atau Air Dingin?”, Editor : Wisnubrata; Halo Sehat dan https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/19/171700920/lebih-sehat-mana–mandi-air-panas-atau-air-dingin-)-FatchurR  *** Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close