Kesehatan

Tidur Sehabis Makan Sahur

TRIBUNNEWS.COM – Tidur setelah sahur tidak haram. Namun, dari sisi ilmu gizi-kesehatan, tidur setelah makan tidak dianjurkan bahkan dilarang karena dampaknya buruk. Pramono, ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin dalam tulisannya (Tribunnews.com) menyatakan dampaknya :  perut akan buncit karena saat tidur tubuh hemat energi dan otomatis lemak mudah tertimbun di perut kita.

Juga akan terjadi refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat tidur.  “Jika terjadi refluks maka asam lambung naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut terasa pahit,” tulis Pramono.

Normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini mengakibatkan timbul gangguan pencernaan : Mencret atau sembelit tergantung asupan makanannya.

Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur. Tak heran jika banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan .

Nabi Muhammad SAW menuntun kita, makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi sampai menjelang subuh atau waktu imsyak. Logikanya setelah sahur  dilanjutkan Sholat Subuh dan jika setelahnya lanjut wirid maka matahari telah terbit dan waktunya bersiap bekerja.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Caranya bisa juga dengan shalat.

 

Rasulullah SAW bersabda,”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”(HR Abu Nu’aim dari Aisyah r.a.)-(Rahmadi Djojosumarto)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close