Kesehatan

8-Tips Sehat Berbuka Makan Kurma Hingga Protein Tanpa Lemak

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Memilih makanan saat berbuka puasa itu penting. Karena makan yang disantap akan mengisi ulang cadangan energi dan membantu mempertahankan puasa Anda pada hari berikutnya. Jadi, penting berbuka dengan makanan seimbang. Tentu agar Anda tetap sehat.

Lalu, makanan apa yang harus dikonsumsi? Ya, Anda harus berusaha ekstra menyantap makanan dengan Nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dilansir laman Al Arabiya, berikut tips puasa sehat yang membuat gizi dalam tubuh Anda tetap seimbang.

 

1-Awali dengan minum

Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar, atau susu. Ini mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh. Air tetap jadi sumber hidrasi terbaik Minumlah 1-2 gelas air sebelum makan. Hati-hati dengan minuman khas selama Ramadhan yang mungkin mengandung banyak gula dan kalori

 

2-Pilih Kurma

Secara tradisional, kurma dimakan di awal sahur, karena kurma memiliki gula alami yang bergizi dan mampu memberi energi pada tubuh. Jika Anda menderita sakit kepala selama berjam-jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, oleh karena itu, mulailah berbuka puasa dengan 2 kurma dan isi kembali kadar gula Anda.

 

3-Nikmati semangkuk sup

Sup adalah hidangan yang diperlukan selama puasa karena kaya air. Anda bisa menikmati sup lentil, tomat, atau sayur, tapi hindari sup berbasis krim. Jika Anda tidak bisa menikmati sup hangat berbulan-bulan musim panas, sup dingin dan Gazpachos bisa jadi pilihan yang bagus.

4-Sayuran

Sayuran kaya vitamin, mineral, dan serat yang menyediakan banyak nutrisi dalam kalori yang sangat sedikit. Semakin banyak jenis sayur atau buah pada makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan nya. Ini juga memberi rasa kenyang dan memastikan Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

 

5-Pilih Karbohidrat yang baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat, termasuk nasi merah, pasta gandum, roti, atau kentang. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil selain serat dan mineral.

 

6-Tambahkan protein tanpa lemak

Selama berbuka puasa, Anda harus berusaha mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Adapun makanan dengan protein berkualitas tinggi yang lengkap, seperti daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapat manfaat dengan sedikit lemak jenuh.

Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan produk susu rendah lemak sebagai bagian dari makanan berbuka puasa. Jika Anda vegetarian, Anda dapat memilih sumber protein lain seperti kacang-kacangan.

 

7-Jangan makan berlebih

Jangan buru-buru menghabiskan makanan Anda. Setelah dilarang makan seharian, tak seidikit yang menyantap makanan berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung . Anda bisa buka puasa dengan makanan yang mencakup porsi makanan yang masuk akal. Mengontrol ukuran porsi adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

 

8-Hindari makanan  tinggi lemak, garam dan gula

Jika memungkinkan, jauhkan menu buka puasa Anda dari makanan yang memiliki terlalu banyak lemak, garam, atau gula tambahan. Saat memasak, buat resep Ramadhan favorit Anda dengan makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang direbus, dipanggang, atau dikukus.

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan Anda. Selain itu, ganti gula dan minuman manis dengan salad buah.

 

(Deslita Krissanta Sibuea; tdy; Sindonews dan  Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/20211/155/8-tips-sehat-buka-puasa-makan-kurma-hingga-protein-tanpa-lemak-1588831528)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close